Kompas TV nasional peristiwa

Bamsoet Harap World Peace Forum di Solo Jadi Penyejuk di Tengah Eskalasi Ketegangan Global

Kompas.tv - 17 November 2022, 06:30 WIB
bamsoet-harap-world-peace-forum-di-solo-jadi-penyejuk-di-tengah-eskalasi-ketegangan-global
Ketua MPR Bambang Soesatyo (tengah) saat menerima cendera mata dari Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat di acara Welcoming Diner, World Peace Forum ke-8, Rabu (16/11/2022) malam. (Sumber: Kompas.TV/Isnaya Helmi)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo atau Bamsoet menyambut baik penyelenggaraan The 8th World Peace Forum atau Forum Perdamaian Dunia ke-8 yang digelar di Solo, Jawa Tengah.

World Peace Forum diharapkan dapat menjadi penyejuk di tengah eskalasi ketegangan global dan konflik antarnegara. 

Hal itu disampaikan Bamsoet dalam sambutannya pada Welcoming Dinner atau jamuan makan malam World Peace ke-8 di Sasana Handrawina, Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Rabu (16/11/2022). 

Mulanya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menuturkan, meski jamuan makan malam ini dihadiri oleh delegasi World Peace Forum yang berasal dari latar belakang budaya yang beragam, namun mereka dipersatukan oleh sebuah ikatan kebatinan, yaitu komitmen kolektif dan cita-cita bersama untuk mewujudkan dunia yang lebih adil, damai dan sejahtera.

"Ikatan kebatinan tersebut sedemikian kuat sehingga melampui sekat sekat kebangsaan dan batas-batas teritorial," kata Bamsoet. 

Dia juga menyebut semangat perdamaian yang tercermin dalam World Peace Forum selaras dengan visi MPR sebagai lembaga yang menjadi representasi Rumah Kebangsaan yang menampung berbagai arus pemikiran dan aspirasi.

"Dalam kedudukannya sebagai rumah kebangsaan inilah MPR mennyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya forum perdamaian dunia, karena pada hakekatnya mewujudkan tata dunia berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial adalah amanat dari konstitusi," jelasnya.

Dia menyebut, saat ini proyeksi masa depan global kian suram dan rentan karena berbagai ancaman krisis, baik dari pangan, energi, keuangan hingga krisis kepercayaan antar sesama komunitas global.

Namun, kehadiran World Peace Forum dinilai sebagai sebuah penegasan bahwa selalu ada secercah harapan untuk mewujudkan masa depan dunia yang lebih baik dan damai. 

"Kedamaian adalah unsur fundamental dan paling esensial dari fitrah kemanusiaan kita," tegasnya.

Baca Juga: Ketika Bamsoet Berbisik ke Jokowi Izin Bangun Sirkuit Balap di IKN Nusantara

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet berharap penyelenggaraan The 8th World Peace Forum atau Forum Perdamaian Dunia ke-8 digelar di Solo, Jawa Tengah, dapat menjadi penyejuk di tengah eskalasi ketegangan global dan konflik antarnegara. (Sumber: Dokumen pribadi)



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x