Kompas TV nasional muktamar muhammadiyah

Becak Listrik Layani Tamu Muktamar Muhammadiyah di Solo Sekaligus Kampanye Sadar Lingkungan

Kompas.tv - 16 November 2022, 12:24 WIB
becak-listrik-layani-tamu-muktamar-muhammadiyah-di-solo-sekaligus-kampanye-sadar-lingkungan
Tim Becak Stroom Jogja saat tiba di Edutorium KH. Ahmad Dahlan UMS, Senin 14 November 2022. Becak listrik ini akan melayani penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah pada 18-20 November 2022 (Sumber: dok. Muhammadiyah)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV - Tamu atau penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan dilayani oleh becak listrik dari komunitas Jogja Lebih Baik yang dikenal dengan nama Becak Stroom.

Becak listrik ini nantinya akan melayani tamu Muktamar Muhammadiyah untuk jalan-jalan dari Edutorium menuju De Tjolomadoe yang berjarak 3 kilometer.

Ada tiga becak listrik yang telah diserahkan ke Panitia Muktamar di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS, Senin (14/11/2022).

Panitia Penerima Muktamar ke48, Taufiq Nugroho menyampaikan,  becak listrik ini bisa dipakai penggembira selama tiga hari mulai dari 18-20 November 2022.


 

”Untuk sarana transportasi muktamar ini sangat bermanfaat karena akan ada banyak orang yang berjalan dari Edutorium ke De Tjolomadoe. Nanti transportasi umum tutup. Jadi becak listrik ini akan sangat membantu. Sebenarnya kami butuh banyak becak stroom lagi untuk memberi pelayanan kepada  penggembira. Kalau bisa sih ada 4, 5, 6 becak listrik lagi,” terang Taufiq, dikutip dari pwmu, Rabu (16/11/2022).

Baca Juga: Sudah Disiapkan Sejak 2 Tahun Lalu, Akhirnya Muktamar Muhammadiyah Akan Digelar 19-20 November 2022!

Perwakilan Becak Stroom Yogya, Slamet Riyanto menyampaikan, selain mendukung acara Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah sekaligus mengampanyekan kesadaran lingkungan.

Ia menjelaskan becak listrik ini menggunakan becak kayuh yang dipasangi dinamo listrik dengan tenaga dari baterai lithium.

Pemakaian satu kali charging dapat menempuh sekitar 30 kilometer dengan dua orang penumpang.

”Jadi (tenaganya) bukan aki. Kalau aki sudah tidak up to date. Kita pakai yang modern yaitu baterai lithium. Nanti bisa digunakan hingga  4-5 kali pulang pergi Edutorium-De Tjolomadoe dalam satu kali charging,” terang Slamet Riyanto.

Slamet Riyanto menambahkan, becak listrik ini program membantu meringankan beban tukang becak di Yogya agar tidak lagi berat menggenjot pedal becak.

”Ini proyek awal kami. Belum kita coba di Yogya. Sekaligus kita memberi sumbangsih pelaksanaan muktamar di sini (Kota Solo),” ujar Slamet Riyanto.

Baca Juga: Dikunjungi Ribuan Penggembira Muktamar Muhammadiyah, Ini Rekomendasi 5 Destinasi Wisata di Solo

Sebagai informasi, Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah ini akan dilaksanakan mulai 18 November dengan agenda Sidang Tanwir.

Selanjutnya, Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada 19 November 2022 di Stadion Manahan, Solo.

Muktamar lantas ditutup oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin pada 20 November 2022.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x