Kompas TV nasional politik

Tak Ucapkan Selamat Saat HUT ke-11 Partai Nasdem, Pengamat: Jokowi Marah Besar ke Surya Paloh

Kompas.tv - 14 November 2022, 11:45 WIB
tak-ucapkan-selamat-saat-hut-ke-11-partai-nasdem-pengamat-jokowi-marah-besar-ke-surya-paloh
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh. (Sumber: Tribunnews.)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi tak hadir hingga tidak mengucapkan selamat saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-11 Partai Nasdem pada Jumat (11/11/2022) lalu. 

Padahal, beberapa waktu lalu, Kepala Negara menyempatkan waktu untuk menghadiri perayaan HUT Partai Golkar dan Partai Perindo. 

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komarudin menyebut, sikap Jokowi tersebut mengindikasikan hubungannya dengan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh telah terjadi keretakan. 

Baca Juga: Belum Ucapkan Selamat Ulang Tahun pada NasDem, Surya Paloh Mengaku Memahami Kesibukan Jokowi

Ia menjelaskan, hubungan Jokowi dengan Surya Paloh terjadi kerenggangan setelah Partai Nasdem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres di Pilpres 2024 mendatang.  

Menurut dia, keretakan itu bisa dilihat ketika perayaan puncak HUT Golkar ke-58. 

Dalam sambutannya, Jokowi meminta agar parpol berhati-hati dan tidak sembrono dalam menentukan capres pada Pilpres 2024. Ujang melihat, kritik ini salah satunya ditujukan kepada Nasdem.


 

”Itu tentu dalam perspektif orang Jawa, itu marah besar dalam konteks Surya Paloh mendeklarasikan Anies (sebagai bakal capres dari Nasdem). Dan, terlihat juga di acara itu, Jokowi enggan dirangkul oleh Surya Paloh. Ini, kan, sinyal Jokowi sudah cuek dan marah,” kata Ujang seperti dikutip dari Kompas.id, Minggu (13/11/2022).

Selain itu, kata dia, bisa dikatakan itu sebagai antiklimaks hubungan Jokowi dan Nasdem yang selama ini memang sudah terlihat berjarak, berseberangan, dan beda pandangan. 



Sumber : Kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x