Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Setelah Shalat 2 Rakaat, Jokowi dan MBZ Resmikan Masjid Sheikh Zayed di Solo

Kompas.tv - 14 November 2022, 09:52 WIB
setelah-shalat-2-rakaat-jokowi-dan-mbz-resmikan-masjid-sheikh-zayed-di-solo
Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, pada Senin (14/11/2022) pagi. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Setpres/Dina Karina )
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

SOLO, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) meresmikan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo, pada Senin (14/11/2022) pagi. 

Begitu tiba di Bandara Adi Sumarmo, Jokowi dan MBZ langsung menuju Masjid yang berlokasi di wilayah Gilingan tersebut. Sepanjang jalan, keduanya disambut oleh ribuan siswa-siswi SD hingga SMA di Solo, yang berdiri sambil mengibar-ngibarkan bendera Indonesia dan Uni Emirat Arab. 

Setelah sampai, Jokowi dan MBZ kemudian melaksanakan shalat sunah Tahiyatul Masjid 2 rakaat. Shalat tersebut merupakan shalat penghormatan untuk masjid, yang dilakukan umat Islam setiap memasuki Masjid. 

Selanjutnya, keduanya menandatangani prasasti tanda peresmian masjid, dilanjutkan dengan pembacaan doa. Lalu mereka melakukan seremoni penanaman pohon sala di halaman masjid. 

Baca Juga: Pengamanan G20: 14 Kapal Perang, 4 Jet Tempur, dan 18.300 Personel TNI-Polri.

Keduanya juga menaruh tanah dan menuangkan air ke lubang yang sudah ditanami dengan bibit pohon sala tersebut. Setelah itu, keduanya berfoto bersama lalu meninggalkan masjid menumpangi mobil yang sama.

Jokowi sempat menyapa masyarakat yang berkumpul di depan masjid sebelum memasuki mobil. 


 

Jokowi didampingi oleh sejumlah menteri seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Masjid Sheikh Zayed tersebut berlokasi di Gilingan, Solo dan merupakan hadiah dari Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Indonesia. Lokasi berada di Jl Ahmad Yani atau bersebelahan dengan viaduk Gilingan. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x