Kompas TV nasional hukum

Kuasa Hukum soal Pemeriksaan Saksi: Kita Dapat Fakta, Ricky Rizal Tak Layak Duduk di Kursi Terdakwa

Kompas.tv - 9 November 2022, 20:31 WIB
kuasa-hukum-soal-pemeriksaan-saksi-kita-dapat-fakta-ricky-rizal-tak-layak-duduk-di-kursi-terdakwa
Terdakwa kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ricky Rizal. (Sumber: Tangkapan layar cuplikan KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Yudha Ramon, salah satu Kuasa Hukum Ricky Rizal menjelaskan keterangan saksi pada sidang lanjutan pembunuhan terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J Rabu (9/11/2022) di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan, menunjukkan bahwa kliennya tidak layak duduk di kursi terdakwa. 

"Dalam pemeriksaan hari ini, kita mendapatkan fakta-fakta yang cukup jelas. Dimana klien kita, bapak Ricky Rizal tidak layak duduk di kursi terdakwa," kata Yuhda dalam dialog pada program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Rabu. 

Keterangan yang disampaikan para saksi, menurutnya memperlihatkan bahwa Ricky Rizal tidak memiliki peran signifikan dalam kematian Brigadir J. 

"Dia tidak memiliki peran yang signifikan, peran yang dilakukan dia sangat wajar dilakukan seorang ajudan," ujarnya.

Adapun keterangan saksi yang dimaksud yakni, adanya kebingungan dari Ricky Rizal terkait Brigadir J tewas ditembak di rumah dinas Ferdy Sambo, Kompleks Polri Nomor 46, Duren Tiga, Jakarta Selatan, pada 8 Juli 2022 lalu.

"Dia sendiri kaget dengan kejadian yang terjadi, dan itu terbukti pada saksi fakta yang menerangkan kesaksian pada hari ini," jelasnya. 

Baca Juga: Sopir Ferdy Sambo: Ricky Rizal Seperti Orang Linglung Usai Brigadir J Tewas, Dia Mondar-mandir Terus

"Dimana ajudan-ajudan yang lain saat ditanya 'bagaimana melihat sikap pak Ricky Rizal setelah kejadian?', (saksi bilang) dia (Ricky Rizal) diam dan terlihat bingung."

Meski demikian, Yudha tak menyangkal bahwa kliennya berada di Tempat Kejadian Perkara (TKP) saat kejadian penembakan kepada Brigadir J terjadi. 


 

"Kalau dia ada di TKP itu jelas, asisten-asisten rumah tangga FS (Ferdy Sambo) dan ajudan-ajudan yang lain juga ada di lokasi," tegas Yudha.

"Tapi pertanyaannya adalah apakah dia mengetahui bahwa itu adalah suatu dari kejadian yang pasti, bakal ada penembakan? itu ada kebingungan." 

"Kebingungan Ricky Rizal yang itu diungkapkan oleh banyak saksi yang dihadirkan pada sidang hari ini."

Sementara terkait adanya kesaksian dari ajudan Ferdy Sambo yang berubah-ubah, Yudha menuturkan tidak mempermasalahkannya. 

Pasalnya pihaknya hanya fokus pada persidangan yang dilaksanakan pada hari ini dengan terdakwa Ricky Rizal.

"Walaupun berubah-ubah itu kan ipersidangan yang lain, dengan terdakwa yang lain. sekarang kita fokus saja di persidangan hari ini," tegasnya. 

Baca Juga: Bantahan Ricky Rizal Atas Kesaksian ART Ferdy Sambo Susi dan Kodir



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x