Kompas TV olahraga sepak bola

Pengelola Buka Peluang Stadion Utama GBK Digunakan untuk Piala AFF 2022

Kompas.tv - 8 November 2022, 23:35 WIB
pengelola-buka-peluang-stadion-utama-gbk-digunakan-untuk-piala-aff-2022
Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). (Sumber: KOMPAS.COM/Alsadad Rudi)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Utama Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) Rakhmadi Afif Kusumo mengatakan Timnas Indonesia bisa menggunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Piala AFF 2022 mendatang. 

Rakhmadi menambahkan, apabila SUGBK lolos verifikasi AFF, maka tim racikan Shin Tae-yong bisa berkandang di stadion kebanggaan Indonesia itu. 

"Insyaallah (bisa digunakan untuk AFF). Kami sudah berkontak dengan PSSI," kata Rakhmadi di SUGBK, dikutip dari Antara, Selasa (8/11/2022).

"AFF harus melihat langsung karena mereka memiliki standar untuk stadion yang mirip dengan FIFA. Kalau lolos (verifikasi), SUGBK bisa menjadi kandang Indonesia di Piala AFF 2022," imbuh Rakhmadi.

Dalam kesempatan tersebut, Rakhmadi juga mengungkapkan bagaimana proses renovasi SUGBK yang sedang dilakukan untuk Piala Dunia U20 2023 mendatang. 

Menurutnya, SUGBK aman dipakai untuk Piala AFF 2022, pada 20 Desember 2022-16 Januari 2023, lantaran renovasinya nyaris selesai.

Baca Juga: Thailand Umumkan 75 Pemain Awal untuk Piala AFF 2022, Tak Ada Nama Chanatip Songkrasin

"Kami sudah curi start. Piala Dunia U-20 ini, kan, tadinya digelar tahun 2021. Jadi kami sudah merapikan dan meningkatkan kualitas rumput serta memperbaiki saluran air sejak jauh-jauh hari," lanjut Rakhmadi. 

Beberapa perbaikan yang dilakukan di SUGBK sendiri merupakan perbaikan minor untuk pembatas penonton dengan lapangan serta ruang media. 

"Untuk SUGBK, tinggal renovasi hal minor seperti tentang pembatas penonton dan lapangan serta ruangan media," kata Rakhmadi.

FIFA sendiri meminta SUGBK meniadakan pagar pembatas antara bangku penonton terdepan dengan lapangan pertandingan agar seperti stadion di Eropa. 



Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x