Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Limbah Kayu Menjadi Peralatan Dapur Cantik

Kompas.tv - 7 November 2022, 17:43 WIB
Penulis : KompasTV Kediri

MADIUN, KOMPAS.TV - Siapa sangka, limbah kayu yang dianggap tidak berguna dapat dijadikan kerajinan yang menghasilkan banyak uang. Seperti yang dilakukan oleh Ikhwan Zayana Nurdin, warga kecamatan Saradan, kabupaten Madiun. Memanfaatkan limbah kayu bekas produksi gitar, pria yang telah memilki dua anak ini kini telah mampu membuat kerajinan bernilai rupiah, berupa peralatan dapur, tempat bumbu masak, dan toples yang begitu cantik.

Ikhwan mengaku, awalnya pada awal tahun 2021 dirinya hanya iseng membuat peralatan dapur tempat bumbu masak, karena keinginan sang istri. Tak disangka, tetangga banyak yang berminat untuk turut dibuatkan. Dari situ dirinya mulai berminat untuk produksi lebih banyak untuk kemudian dijual. 

Prosesnya mulai dari memotong kayu dengan mesin, membelah, mengamplas, hingga merakit awalnya hanya dilakukan seorang diri. Karena ramai peminat ketika dijual secara online, kini Ikhwan pun telah memiliki sekitar 19 pekerja yang membantunya dalam produksi.

Setiap toples dan tempat bumbu masak dibanderol dengan harga antara 85 hingga 120 ribu rupiah. Peminatnya pun menjangkau seluruh wilayah di Indonesia, terutama dari Kalimantan, Sulawesi, dan sumatera. Setidaknya 50 tempat dan toples bumbu dapur dapat dikirim melalui jasa paket setiap harinya, dengan omzet yang didapat sekitar 100 juta rupiah perbulan.

#madiun #kerajinan #kreatif #inovatif #limbah #beritakediri



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x