Kompas TV regional sosial

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas Bantu Masyarakat Terdampak Bencana Alam di Jembrana

Kompas.tv - 6 November 2022, 01:05 WIB
yayasan-dana-kemanusiaan-kompas-bantu-masyarakat-terdampak-bencana-alam-di-jembrana
Forum Komunikasi Daerah (FKD) Bali Kompas Gramedia dan YDKK menyalurkan ratusan paket sembako untuk warga Jembrana yang terdampak bencana alam banjir bandang, Kamis (3/11/2022). (Sumber: Dok. Sonora FM Bali)
Penulis : Hariyanto Kurniawan | Editor : Redaksi Kompas TV

JEMBRANA, KOMPAS.TV - Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas (YDKK) beri bantuan kemanusiaan pada korban banjir di Kabupaten Jembrana, Bali, khususnya pada 150 Kepala Keluarga di 35 titik lokasi bencana pada Kamis, 3 November 2022. 

Bentuk pemberian bantuan kemanusiaan ini merupakan salah satu program kerja dari Forum Komunikasi Daerah (FKD) Kompas Gramedia Bali yang ingin membangkitkan rasa kemanusiaan serta toleransi dalam menghadapi kondisi pasca bencana alam kepada masyarakat terdampak di Kabupaten Jembrana, Bali.

Bertempat di Titik Pos BPBD Jembrana, Bali, kegiatan penyaluran bantuan kemanusiaan oleh Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas melalui dua tahap. 

Tahap pertama yaitu tim mendata masyarakat di 18 desa yang tersebar di Kabupaten Jembrana, Bali, yang dianggap paling membutuhkan bantuan. Sedangkan tahap kedua yaitu tim menyalurkan bantuan berupa paket kebutuhan pokok yang disiapkan donatur kepada masyarakat terpilih melalui pos di titik lokasi bencana alam. 

Baca Juga: Beri Perhatian ke Daerah Perbatasan Indonesia, YDKK Ikut Bantu Pembangunan Infrastruktur

Terdapat dua titik lokasi yang menjadi penyaluran bantuan, yakni Desa Penyaringan dan Kelurahan Tegal Cangkring, Kecamatan Mendoyo. Kegiatan ini bekerja sama dengan BPBD Jembrana, Bali.

Adapun beragam jenis bantuan yang disalurkan yaitu berupa paket kebutuhan pokok, seperti beras, gula, tepung terigu, minyak goreng, serta sarden. Kebutuhan pokok sebanyak 150 paket tersebut diberikan kepada masing-masing Kepala Keluarga di 35 titik lokasi bencana. 

Tercatat beberapa desa/kelurahan telah menerima bantuan yaitu Kelurahan Tegalcangkring, Desa Yehembang Kauh, Desa Yehsumbul, Desa Penyaringan, Desa Pohsanten, dan Desa Yehembang Kangin.

“FKD Bali menyalurkan bantuan kemanusiaan bagi warga terdampak banjir bandang di Jembrana melalui Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas. Semoga bantuan ini bisa meringankan beban dari teman kita yang terdampak langsung,” kata Ketua FKD Bali A. A. Gede Rai Sahadewa.


 

Baca Juga: YDKK Gelar Operasi Katarak Gratis di Perbatasan Timor Leste

Selain menyalurkan bantuan berupa sembako, FKD Kompas Gramedia Bali juga turut mengunjungi dan melihat kondisi warga sekitar yang terdampak. Bantuan bagi korban bencana merupakan salah satu kegiatan yang kerap dilakukan oleh Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas. Harapannya donasi ini dapat bermanfaat dan memenuhi kebutuhan korban sehari-hari.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x