Kompas TV internasional kompas dunia

Kebakaran Kafe di Rusia Tewaskan 13 Orang dan Lukai 5 Orang, Ini Penyebabnya

Kompas.tv - 5 November 2022, 19:03 WIB
kebakaran-kafe-di-rusia-tewaskan-13-orang-dan-lukai-5-orang-ini-penyebabnya
Kebakaran di sebuah kafe di kota Kostroma, Rusia, menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai lima orang lainnya pada Sabtu (11/5/2022) (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV — Kebakaran di sebuah kafe di kota Kostroma, Rusia, menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai lima orang lainnya pada Sabtu (11/5/2022), kata pihak berwenang setempat seperti dilansir Associated Press.

Gubernur wilayah Kostroma, Sergei Sitnikov, mengatakan 13 orang tewas dalam kebakaran tersebut dan lima lainnya luka ringan.

Kantor berita Rusia Interfax mengutip pejabat darurat setempat yang mengatakan jumlah korban tewas mencapai 15. Jumlah korban yang masih simpang siur masih belum dapat dipastikan kebenarannya.

Kobaran api meletus pada dini hari setelah seseorang tampaknya menembakkan pistol suar, menurut pihak berwenang.

Kantor berita negara Rusia RIA Novosti melaporkan, perkelahian meletus di kafe sesaat sebelum kebakaran, tetapi tidak segera jelas apakah itu ada hubungannya dengan penggunaan pistol suar.

Baca Juga: Tetua Dunia Kirim Pesan ke Zelensky: Perang Rusia-Ukraina Tak Bisa Dimenangkan, Akhiri dengan Dialog

Kebakaran di sebuah kafe di kota Kostroma, Rusia, menewaskan sedikitnya 13 orang dan melukai lima orang lainnya pada Sabtu (11/5/2022) (Sumber: Tass)

Tim penyelamat berhasil mengevakuasi 250 orang. Atap kafe ambruk saat kobaran api melalap area seluas 3.500 meter persegi itu.

Petugas pemadam kebakaran menghabiskan waktu lima jam untuk memerangi kobaran api, dan belasan penduduk di sekitar bangunan tempat tinggal dievakuasi sebagai tindakan pencegahan.

Investigasi kriminal telah diluncurkan, dan polisi setempat dilaporkan menangkap seorang tersangka.

Ikhtiyar Mirzoyev, anggota legislatif daerah dan pemilik kafe, menjanjikan bantuan kepada mereka yang terkena dampak kebakaran.

Kostroma adalah kota tepi sungai berpenduduk 270.000 jiwa, terletak kira-kira 340 kilometer utara Moskow.

Ini bukan pertama kalinya kembang api menyebabkan kebakaran mematikan di tempat rekreasi di Rusia. Pada tahun 2009, lebih dari 150 orang tewas dalam kebakaran di klub malam Lame Horse di kota Perm yang meletus setelah seseorang menyalakan kembang api.


 



Sumber : Kompas TV/Associated Press/Moscow Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x