Kompas TV nasional update

Posko STB Gratis Sudah Tutup, Masih Bisa Didapat lewat Link Ini

Kompas.tv - 5 November 2022, 11:51 WIB
posko-stb-gratis-sudah-tutup-masih-bisa-didapat-lewat-link-ini
Momen Menkominfo Johnny G Plate dalam hitung mundur migrasi TV analog menuju TV digital, Kamis (3/11/2022) dini hari. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam rangka migrasi siaran TV analog menuju TV digital alias Analog Switch Off (ASO), pemerintah membagikan Set Top Box (STB) gratis kepada masyarakat miskin.

Sempat ada posko pembagian STB gratis di sejumlah wilayah sejak Rabu (2/11/2022) hingga Jumat (4/11) kemarin.

Namun, walau saat ini posko sudah ditutup, Anda masih bisa mengecek kelayakan mendapat STB gratis via laman resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Secara keseluruhan STB gratis itu berjumlah 6,7 juta unit, dengan rincian 5,7 juta unit dari Lembaga Penyelenggara Multipleksing (LPS) dan 1 juta unit sisanya dari pemerintah.

Menukil laporan Kompas.com, pemerintah sudah mendistribusikan 1.055.360 unit STB secara nasional per Senin (31/10).

Untuk wilayah Jabodetabek, distribusi STB mencapai 473.308 unit STB  atau 98,7 persen dari target 479.307 unit STB. Sebanyak 60.791 rumah tangga mampu mengalami gagal serah karena tidak memenuhi kriteria.

Apabila masih ada rumah tangga miskin yang belum mendapatkan STB gratis, bisa mengajukan diri melalui tautan berikut: https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/.

Baca Juga: Warga Kecewa Sinyal TV Digital hingga Harga STB yang Relatif Mahal

Cara Ajukan Permohonan STB Gratis 

Urutan mengecek kelayakan untuk mendapat STB gratis:

Laman resmi Kominfo menjelaskan, jam operasional call center hanya berlangsung pada Senin hingga Jumat, mulai pukul 08.00 WIB - 16.00 WIB.

Baca Juga: Berapa Harga Set Top Box Termurah? Berikut Daftar, Spesifikasi dan Fiturnya

Sebelumnya diwartakan oleh KOMPAS.TV, pemerintah telah menonaktifkan sinyal TV analog di wilayah Jabodetabek pada Rabu (2/4) pukul 24.00 WIB. Siaran TV analog di wilayah lain juga akan dinonaktifkan secara bertahap. 


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x