Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Perang Besar Rusia-Ukraina Diperkirakan Pecah di Kherson, Putin Serukan Warga Sipil Diungsikan

Kompas.tv - 4 November 2022, 21:24 WIB
perang-besar-rusia-ukraina-diperkirakan-pecah-di-kherson-putin-serukan-warga-sipil-diungsikan
Presiden Rusia Vladimir Putin hari Jumat (11/4/2022) mengatakan warga sipil harus dibawa keluar dari Kherson yang diduduki Moskow di Ukraina selatan, tempat pasukan Rusia memimpin evakuasi sejak pertengahan Oktober akibat gerak maju serangan balik pasukan Ukraina. (Sumber: Mikhail Metzel, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV – Presiden Rusia Vladimir Putin, Jumat (11/4/2022), mengatakan warga sipil harus dibawa keluar dari Kherson yang diduduki Moskow di Ukraina selatan, tempat pasukan Rusia memimpin evakuasi sejak pertengahan Oktober akibat gerak maju serangan balik pasukan Ukraina.

“Mereka yang tinggal di Kherson harus dikeluarkan dari zona pertempuran berbahaya,” kata Putin kepada sukarelawan muda dari wilayah Ukraina yang diduduki di Lapangan Merah, saat Moskow merayakan Hari Persatuan.

“Penduduk sipil tidak boleh menderita karena penembakan, serangan, serangan balasan atau hal-hal semacam itu,” katanya.

Otoritas pendudukan Moskow di Kherson mengatakan mereka telah membantu puluhan ribu orang meninggalkan wilayah itu dan berjanji untuk mengubah kota Kherson menjadi "benteng".

Kiev menyamakan upaya Moskow untuk memindahkan penduduk sipil di Kherson sebagai "deportasi" rakyatnya yang mirip Soviet.

Putin berbicara dengan kelompok sukarelawan Kherson, yang mengatakan mereka membantu orang-orang meninggalkan daerah itu, setelah meletakkan bunga di sebuah monumen untuk menghormati mereka yang menangkis invasi Polandia pada 1612.

Baca Juga: Pasukan Rusia di Kherson Bersiap Pertempuran Habis-habisan Melawan Serangan Balik Ukraina

Warga di wilayah Kherson usai pasukan Rusia menarik diri sebagian. Presiden Rusia Vladimir Putin hari Jumat (11/4/2022) mengatakan warga sipil harus dibawa keluar dari Kherson yang diduduki Moskow di Ukraina selatan, tempat pasukan Rusia memimpin evakuasi sejak pertengahan Oktober akibat gerak maju serangan balik pasukan Ukraina. (Sumber: AP Photo)

Pasukan Rusia bersiap untuk melakukan pertempuran habis-habisan di wilayah selatan Kherson, kata seorang pejabat senior Ukraina, Rabu (26/10/2022), seperti laporan Straits Times.

Dilaporkan, pasukan Rusia di wilayah selatan Kherson telah didorong mundur dalam beberapa pekan terakhir dan berisiko terjebak di tepi barat sungai Dnipro, tempat ibu kota Provinsi Kherson berada di tangan Rusia sejak hari-hari awal tangan ke Ukraina delapan bulan lalu.

Pihak berwenang yang ditempatkan Rusia sedang mengevakuasi penduduk ke tepi timur, tetapi Oleksiy Arestovych, penasihat Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengatakan tidak ada tanda bahwa pasukan Rusia bersiap untuk meninggalkan kota itu.

“Dengan Kherson semuanya jelas. Rusia sedang mengisi, memperkuat pasukan mereka di sana,” kata Arestovych dalam sebuah video online hari Selasa malam.

“Artinya tidak ada yang bersiap untuk mundur. Sebaliknya, pertempuran terberat akan terjadi untuk Kherson.”

Dari empat provinsi yang dicaplok oleh Presiden Rusia Vladimir Putin pada bulan September, Kherson bisa dibilang yang paling penting secara strategis.

Wilayah tersebut mengendalikan satu-satunya rute darat ke semenanjung Krimea yang direbut Rusia pada tahun 2014 dan mulut Dnipro, sungai besar yang membelah Ukraina.


 

 




Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x