Kompas TV regional berita daerah

Krisis Air Bersih, Warga Manfaatkan Air Sawah

Kompas.tv - 3 November 2022, 12:08 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

JEMBRANA, KOMPAS TV - Putusnya pipa penyalur air dari hulu ke rumah warga sejak hampir sebulan belakangan, membuat warga Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo, Kabupaten Jembrana, Bali, alami krisis air bersih.

Selama krisis air terjadi di desa ini, saluran isrigasi inilah yang kini menjadi andalan warga dalam memenuhi kebutuhan air bersih.

Dengan membawa jerigen atau tempat penampungan air lainnya,kini, hampir tiap hari warga harus bolak balik dari rumah ke saluran irigasi ini untuk mengambil air.

Walau sedikit keruh namun air di saluran irugasi ini tidak hanya untuk konsumsi dan memasak, tapi juga banyak warga yang memanfaatkan air saluran irigasi ini untuk mandi dan mencuci pakaian.

Tidak ada pilihan lain bagi warga selain menggunakan air dari saluran irigasi ini untuk memenuhi kebutuhan air bersih. Bantuan air bersih dari Pemerintah Kabupaten Jembrana selama ini tidak cukup lantaran harus dibagi dengan banyak warga.

Warga berharap Perusahaan Daerah Air Minum milik pemerintah Kabupaten Jembrana yang selama ini dipercaya warga mengelola air dari hulu hingga ke rumah warga ini, tidak lepas tanggung jawab, dan segera memperbaiki kerusakan pipa yang ada di hulu.

 

 

 

 

 

#krisisairbersih    #desayehembang   #pemkabjembrana



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x