Kompas TV nasional peristiwa

Mahfud MD Akui Indonesia Tertinggal dalam Penghentian Siaran Televisi Analog di Kawasan ASEAN

Kompas.tv - 3 November 2022, 05:19 WIB
mahfud-md-akui-indonesia-tertinggal-dalam-penghentian-siaran-televisi-analog-di-kawasan-asean
Analog Switch Off. Mahfud MD menyebut, di kawasan ASEAN, Indonesia termasuk negara yang tertinggal dalam penghentian siaran televisi analog. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Iman Firdaus

KOMPAS.TV – Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Kemanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyebut, di kawasan ASEAN, Indonesia termasuk negara yang tertinggal dalam penghentian siaran televisi analog.

Mahfud mengatakan, sejumlah negara di dunia dan di kawasan ASEAN telah lebih dulu melakukan migrasi siaran televisi analog ke digital.

“Di ASEAN ini Indonesia termasuk negara yang tertinggal sebenarnya, dalam pengimplementasian deklarasi ASEAN tentang penghentian siaran analog,” jelasnya dalam sambutan di acara Analog Switch Off, Kamis (3/11/2022), dikutip dari Breaking News Kompas TV.

“Brunei misalnya, telah menghentikan siaran analog pada tahun 2017, Malaysia dan Singapore pada tahun 2019, serta Thailand dan Vietnam di tahun 2020.”

Baca Juga: Inilah Detik-detik Migrasi Siaran TV Analog ke TV Digital

Wacana penghentian siaran televisi analog, kata Mahfud muncul pada konferensi International Telecommunication Union (ITU) tahun 2006.

Dalam konferensi itu, diputuskan agar 119 negara anggota ITU mendorong penghentian siaran televisi analog sebelum tahun 2015.

“Pada konferensi ITU pada tahun 2006 diputuskan agar 119 negara anggota ITU mendorong penghentian siaran analog sebelum tahun 2015,” tegasnya.

Sementara, di tingkat regional, negara-negara ASEAN telah mendeklarasikan untuk menuntaskan penghentian siaran analog di tahun 2020.

Bahkan, lanjut Mahfud, beberapa negara di kawasan Afrika telah menghentikan siaran televisi analog pada tahun 2014 lalu, seperti Aljazair, Mauritius, Namibia.

Sebenarnya, Indonesia telah memulai proses migrasi televisi analog ke digital sejak tahun 2007.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x