Kompas TV nasional viral

Ternyata Uang Pecahan 20 Ribu Rupiah yang Bikin Heboh India Sudah Ditarik BI

Kompas.tv - 2 November 2022, 13:26 WIB
ternyata-uang-pecahan-20-ribu-rupiah-yang-bikin-heboh-india-sudah-ditarik-bi
Uang Rp20.000 viral di India setelah politikus di negara itu membahas Dewa Ganesha di sebelah Ki Hajar Dewantara. (Sumber: Tribunnews)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV – Uang rupiah pecahan Rp 20.000 tahun emisi 1998 sempat viral di India setelah politikus setempat meminta gambar Dewa Ganesha dicantumkan pada mata uang rupee.

Namun demikian, Bank Indonesia menjelaskan uang pecahan Rp 20.000 yang tengah ramai tersebut sudah ditarik sejak 2008 sehingga tidak lagi berlaku sebagai alat pembayaran yang sah.

"Dengan pencabutan dan penarikan uang rupiah dari peredaran, terhitung mulai tanggal 31 Desember 2008, empat pecahan uang tersebut tidak berlaku lagi sebagai alat pembayaran yang sah (legal tender)," tulis BI dalam keterangan tertulis kala itu.

Adapun, viral rupiah lawas itu bermula dari Menteri Besar Delhi Arvind Kejriwal yang meminta pemerintah pusat mencantumkan gambar Dewi Lakshmi dan Dewa Ganesha dalam mata uang rupee karena dianggap dapat mendatangkan berkah, ekonomi India akan bangkit.

Baca Juga: Rupiah Bikin Heboh di India usai Politikus Ungkit Dewa Ganesha di Samping Ki Hajar Dewantara

"Seperti yang saya katakan, kita harus melakukan banyak upaya untuk memperbaiki situasi ekonomi negara kita. Upaya kita membuahkan hasil, ketika kita mendapat berkah dari Dewa dan Dewi," kata Arvind, Rabu (26/10/2022).

Setelah itu, Arvind membandingkan India dengan Indonesia yang memiliki pecahan rupiah dengan gambar Dewa Ganesha di pecahan Rp 20.000 tahun emisi 1998. "Kalau Indonesia bisa, kenapa kita tidak bisa?" lanjut Arvind.

Pernyataan petinggi Partai Aam Aadmi itu langsung menuai polemik. Terlebih, Partai BJP selaku penguasa menolak usulan Arvind karena India merupakan negara sekuler.

 Adu pendapat antartokoh partai tersebut membuat masyarakat India penasaran dengan alasan Indonesia memakai gambar Dewa Ganesha dalam uang rupiah pecahan Rp 20.000.

Hal itu ditunjukkan oleh data Google Trends India. Pencarian menyangkut gambar Dewa Ganesha dalam rupiah melesak sejak Rabu (26/10/2022).



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x