Kompas TV olahraga sepak bola

World Cup 2022: FIFA Didesak Hapus Iran dari World Cup oleh Badan Sepak Bola Ukraina

Kompas.tv - 1 November 2022, 12:18 WIB
world-cup-2022-fifa-didesak-hapus-iran-dari-world-cup-oleh-badan-sepak-bola-ukraina
Logo FIFA. (Sumber: fifa.com)
Penulis : Christandi Dimas | Editor : Iman Firdaus

KYIV, KOMPAS.TV - Federasi sepak bola Ukraina dilaporkan mendesak FIFA untuk menyingkirkan Iran dari World Cup 2022, dengan tuduhan pelanggaran HAM dan memasok militer Rusia dengan senjata.

Desakan itu dilakukan tiga minggu sebelum Iran dijadwalkan menghadapi Inggris pada pertandingan pertama Grup B di Qatar, termasuk juga yang segrup ada Amerika Serikat dan Wales.

"Badan sepak bola Ukraina meminta FIFA untuk menghapus Iran dari World Cup [2022]," tulis Associated Press, Senin (31/10/2022).

Penghapusan Iran dari World Cup 2022 disebut objektif dan bukan supaya bisa digantikan Timnas Ukraina yang mana tidak lolos akibat kalah saat playoff kualifikasi Eropa.

Baca Juga: World Cup 2022 Qatar: Segini Harga Tiket Nontonnya

FIFA dikabarkan belum mengomentari permintaan Ukraina dan biasanya tidak menangguhkan federasi anggota karena keputusan militer oleh pemerintah nasional.

Sementara Rusia dan Iran sama-sama membantah penilaian intelijen internasional bahwa Ukraina telah dibom oleh pasukan Rusia menggunakan drone 'Shahed' buatan Iran.

Statuta hukum FIFA juga membuat komitmen untuk 'menghormati semua hak asasi manusia yang diakui secara internasional' dan berusaha untuk mempromosikan perlindungan hak-hak itu.

Namun, FIFA disebut tidak menjalankan janji hak asasi manusianya juga ketika tangguhkan tim Rusia dari kompetisi internasional, termasuk playoff World Cup 2022, dalam beberapa hari setelah invasi ke Ukraina mulai Februari 2022.

Baca Juga: Jadi Tumpuan Korea Selatan di Piala Dunia 2022, Son Heung-min: Kami Underdog tapi Ingin Buat Kejutan



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x