Kompas TV regional berita daerah

Persiapan Akademisi Indonesia Lawan Serangan Siber

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 15:52 WIB
Penulis : KompasTV Bandung

BANDUNG. KOMPAS. TV - Keamanan informasi siber menjadi hal yang sangat rentan terhadap peretasan, meresponse hal ini acad-csirt menggelar munas di Universitas Kristen Maranatha Kota Bandung. Civitas akademika berkumpul untuk mempersiapkan akademisi yang andal dalam pertahanan serangan siber.

Di era 4.0 saat ini berbagai sektor berlomba-lomba melakukan transisi digital, hal ini seperti dua mata pisau di satu sisi memiliki sejumlah keunggulan di sisi lain ancaman keamanan informasi mengintai.

Sejumlah kejadian serangan siber atau cyber attack di indonesia meningkat, beberapa waktu terakhir kesiapan menghadapi insiden keamanan siber perlu digalakan semua institusi tanpa terkecuali.

Mengangkat tema “building national academy-csirt in the challenging times” academic computer security incident response team (acad-csirt) menyelenggarakan seminar dan musyawarah nasional II di Universitas Kristen Maranatha Kota Bandung. Munas dilakukan untuk persipakan civitas akademika yang tanggap dalam insiden siber.

Saat ini kebutuhan sumber daya IT untuk keamanan siber meningkat sayangnya hal  ini tak diimbangi dengan ketersediaan sumberdaya manusia, ini menjadi potensi dan prospek besar bagi universitas serta mahasiswa.

Munas ini juga menjadi ajang mempersiapkan kader-kader yang andal dalam isu keamanan siber. Acad-csirt diharapkan dapat menjadi jejaring bagi pemerintah dan berbagai sektor untuk mempermudah koordinasi tentang kebutuhan kemanan digital, serta dapat membuat ekosistem keamanan siber nasional utamanya sektor pendidikan menjadi semakin terjaga.

 

Untuk lebih tahu berita terupdate seputar Jawa Barat, bisa klik link di bawah:

IG:https://www.instagram.com/kompastvjabar/

Youtube:https://www.youtube.com/c/kompastvjaw...

Twitter:https://www.twitter.com/kompastv_jabar/

Facebook:https://www.Facebook.com/kompastvjabar/

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x