Kompas TV nasional hukum

Kesaksian Seorang ART Sambo: Putri Candrawathi Duduk Selonjor, bukan Tergeletak di Rumah Magelang

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 16:18 WIB
kesaksian-seorang-art-sambo-putri-candrawathi-duduk-selonjor-bukan-tergeletak-di-rumah-magelang
Asisten rumah tangga Ferdy Sambo, Susi, saat memberi kesaksian di dalam sidang lanjutan Richard Eliezer atau Bharada E di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (31/10/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Seorang asisten rumah tangga Ferdy Sambo, Susi, dalam kesaksiannya di persidangan, melihat Putri Candrawathi terduduk, bukan tergeletak saat berada di rumah pribadi Sambo di Magelang, Jawa Tengah.

Saat bersaksi di depan Majelis Hakim dalam sidang lanjutan terdakwa Richard Eliezer atau Bharada E, Susi bahkan diminta Ketua Majelis Hakim Wahyu Iman Santoso untuk mempraktikkan kondisi istri Ferdy Sambo pada tanggal 7 Juli 2022.

"Tergeletak tidur kan?" tanya hakim di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (31/10/2022) dipantau dari program Breaking News KOMPAS TV

"Tergeletak di depan kamar mandi bersandar," jawab Susi.

Hakim kembali bertanya, "Ya tidur atau duduk?" untuk memastikan posisi Putri yang dimaksud oleh Susi.

"Terduduk," kata Susi yang tampak ragu-ragu.

"Tergeletak duduk, bukan tidur?" tanya hakim memastikan keterangan Susi.

"Bukan, duduk. Di depan pintu kamar mandi," jelas Susi.

Baca Juga: Hakim Tanya Berkali-kali Siapa yang Melahirkan Anak Terakhir Ferdy Sambo, Ini Jawaban ART Susi

Penegasan ketua majelis hakim Wahyu Iman Santoso berkaitan dengan insiden yang dialami Putri Candrawathi di rumah Magelang pada 7 Juli 2022.

Susi mengaku melihat Putri terjatuh, setelah diberitahu oleh Kuwat Maruf, di lantai dua kamar mandi di rumah Magelang. "Saya suruh ngecek ibu ke atas. Saya nemuin ibu udah tergeletak di kamar mandi. Jamnya malam habis magrib," kata Susi.

Berbeda dengan keterangannya dalam berita acara pemeriksaan Susi, tertulis bahwa Putri tergeletak di depan kamar mandi dan badannya menggigil.

Hakim lantas menanyakan seberapa besar ruang kamar Putri di rumah Magelang. Susi pun menjawab bahwa kamar Putri berukuran kecil.

"Terus kalau dia duduk, kapan saudara pegang kakinya kalau saudara bisa ngomong dingin?" tanya hakim dengan nada curiga.

"Kakinya selonjor," jawab Susi pelan.

Hakim pun meminta Susi mempraktikkan posisi Putri yang ia lihat ketika berada di rumah Magelang saat itu.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x