Kompas TV entertainment seni budaya

Soal Itaewon: Lokasi Halloween Maut, Dikenal dengan Bar, Club dan Dunia Malam

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 06:44 WIB
soal-itaewon-lokasi-halloween-maut-dikenal-dengan-bar-club-dan-dunia-malam
Ilustrasi. Festival Halloween 2021 di Itaewon. Tahun ini, festival Halloween 2022 di Itaewon memakan 149 korban jiwa. (Sumber: Yonhap)
Penulis : Dian Nita | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Itaewon, salah satu distrik di Seoul Korea Selatan mendadak jadi trending topic usai terjadi insiden Halloween maut yang menewaskan lebih dari 140 orang, Sabtu (29/10/2022) malam waktu setempat.

Massa yang sebagian besar adalah anak muda tengah merayakan pesta Halloween di Itaewon dilaporkan terperangkap di gang sempit.

Choi Seong-beom, kepala pemadam kebakaran Yongsan Seoul, mengatakan jumlah korban tewas dapat bertambah.

Selain itu, ada puluhan orang mengalami luka-luka di antaranya berada dalam kondisi kritis.

Ini merupakan insiden terburuk Korea Selatan dalam beberapa tahun setelah tragedi kapal Ferry Sewol.

Baca Juga: Apa Itu Halloween? Festival yang Berujung 149 Orang Tewas di Itaewon Korsel

Mengenal Itaewon, Surga Dunia Malam Korea Selatan

Halloween di Itaewon ini merupakan perayaan terbesar di Korea Selatan sejak pandemi.

Diperkirakan 100.000 orang datang dan berkumpul. Diketahui, pemerintah Korea Selatan melonggarkan pembatasan Covid-19 dalam beberapa bulan terakhir. 

Itaewon dengan bar, klub, dan restorannya yang trendi. Wisatawan maupun orang lokal biasanya mengunjungi distrik ini untuk menikmati dunia malam Kota Seoul.

Melansir The Seoul Guide, Minggu (30/10) daerah ini terletak sekitar Itaewon-dong , Yongsan-gu, Seoul , Korea Selatan. Sekitar 22.000 orang tinggal di distrik ini.

Itaewon juga dekat tempat bekas markas besar pasukan militer AS di Korea Selatan beroperasi sebelum pindah dari ibu kota pada tahun 2018.


 

Itaewon merupakan area populer bagi penduduk Seoul, turis, dan juga dikenal sebagai Distrik Internasional Seoul dan merupakan rumah bagi banyak orang asing di Korea Selatan.

Di distrik ini banyak restoran yang menyajikan kuliner internasional seperti Inggris, Jerman, Prancis, India, Italia, Asia Tenggara, Portugal, Spanyol, Turki, Meksiko, Amerika, dan Kanada.

Baca Juga: Halloween Berdarah di Itaewon Guncang Korea Selatan, Pemimpin Dunia Kirim Ucapan Belasungkawa

Oleh karena itu, Itaewon juga dikenal sebagai "Kota Barat", yang mengingatkan pada banyak Pecinan di negara-negara Barat.

Penduduk setempat, orang asing, dan tentara Amerika sering berkunjung pada malam hari untuk berbelanja, makan, dan berpesta

Setiap tahun di Itaewon digelar beberapa festival salah satunya Halloween yang rutin diadakan.




Sumber : Washington Post, the seoul guide


BERITA LAINNYA



Close Ads x