Kompas TV nasional peristiwa

Presiden Luncurkan Metaverse IKN Bernama Jagat Nusantara, Ada Avatar Jokowi Berolahraga

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 18:23 WIB
presiden-luncurkan-metaverse-ikn-bernama-jagat-nusantara-ada-avatar-jokowi-berolahraga
Presiden Joko Widodo meresmikan peluncuran metaverse yang terhubung dengan Ibu Kota Negara (IKN) bernama Jagat Nusantara, Jumat (28/10/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi meresmikan peluncuran metaverse untuk Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur dengan nama 'Jagat Nusantara', di Djakarta Theatre, Jakarta, Jumat (28/10/2022) petang.

Sebagai informasi, metaverse adalah dunia komunitas virtual yang dibangun saling terhubung satu sama lain, di mana orang dapat bertemu, bekerja, dan bermain, bahkan bertransaksi jual-beli layaknya dunia nyata berkat bantuan teknologi augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Metaverse 'Jagat Nusantara' ini akan terhubung langsung dengan IKN di Kalimantan Timur. 

"Dengan mengucapkan bismillahirahmanirrahiim, pada sore hari ini secara resmi saya luncurkan Jagat Nusantara,” ujar Jokowi seperti dilaporkan tim jurnalis Kompas TV, Taufik Riyadi dan Anggi Meindarwan.

Peluncuran metaverse ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Jokowi yang didampingi Kepala Badan Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) Bambang Susantono dan Founding Chairman 'Jagat Nusantara' Wishnutama Kusubandio.

Sesaat setelah tombol ditekan, layar yang berada di atas panggung lalu menampilkan video yang menggambarkan avatar Jokowi beraktivitas di metaverse IKN.

Baca Juga: Tiba-Tiba HP Menteri Basuki Berdering Saat Presiden Jokowi Wawancara di IKN

Avatar Jokowi itu melakukan berbagai kegiatan mulai dari berolahraga hingga tampil di konser musik.

Apa yang ditunjukkan oleh avatar Jokowi itu nantinya juga bisa dilakukan oleh setiap orang di metaverse Jagat. 

Dikutip dari Kompas.com, para pengguna bisa memanfaatkan Jagat untuk mengadakan rapat, pertemuan, nonton bareng film, konser virtual, pertunjukan, memamerkan karya digital, serta interaksi lainnya secara imersif melalui telepon genggam dan web.


 

"Dengan teknologi kita dapat menghadirkan engagement atau kegiatan kota nyata di masa depan ke dalam dunia virtual pada hari ini. Rasanya ini adalah inisiatif yang pertama di dunia," kata Wishnutama.

Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif itu juga mengatakan bahwa Jagat adalah platform masa depan yang bisa digunakan sebagai media sosial, e-commerce, olahraga dan hiburan. 

Wishnutama menambahkan, Jagat juga diharapkan dapat menjadi jembatan antara dunia ekonomi digital dengan ekonomi riil.

"Kami juga sedang mempersiapkan platform ini untuk menjadi the next real estate platform untuk IKN melalui tokonisasi lahan. Bayangkan jika kita dapat memiliki lahan virtual yang juga mewakili kepemilikan lahan yang sesungguhnya nanti di IKN," jelasnya.

Baca Juga: Stiker Avatar Mirip Pengguna Bakal Hadir di WhatsApp, Lebih Dekat dengan Metaverse



Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x