Kompas TV regional berita daerah

Menarik! Seni Tari Menjaga Keseimbangan Inersia di Atas Kuali

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 12:18 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Kiki rahmatika, seorang koreografer sekaligus penari asal Lampung ini tengah mementaskan seni tari barunya dengan menjaga keseimbangan di atas kuali, yang digelar di gedung dewan kesenian Lampung.

Seni tari tunggal bersama hujan hijau dancelab ini bertajuk inersia yang berarti keseimbangan, atau merupakan sifat suatu benda untuk mempertahankan kedudukan, posisi dan keadaan agar tidak terjatuh, sehingga dapat menjadi sebuah tarian yang disebut Wok Dance.

Hampir sekitar satu jam, kiki rahmatika mempertahankan posisi-nya diatas kulai dengan berbagai gerakan tari tradisional bernuansa kontemporer.

Kiki menyebut, bahwa eksperimen seni tarinya ini sudah dilakukan sejak 2019 lalu, dengan melatih berbagai tehnik dasar pernapasan hingga menjaga keseimbangan tubuh, yang mendapat mentor koreografer tari dunia, di antaranya Arco Renz asal Eropa, Nanako Nakajima asal Jepang, dan Padmini Chettur asal India.

Pertuntunjukan seni tari inersia ini nantinya juga akan bermuara dalam acara presentasi publik yang diselenggarakan Dance Nucleus Singapore.

Seni tari Inersia ini masih akan terus dievaluasi oleh Kiki Rahmantika sehingga harapannya dapat menginspirasi, menarik minat, dan meningkatkan apresiasi masyakarat Lampung pada seni tari.

#senitari #kikirahmantika #inersia




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x