Kompas TV regional berita daerah

Puskesmas Meresepkan Obat Puyer Pengganti Obat Sirop

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 10:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Kepala Puskesmas Miroto, Dien Hasana, mengaku terus mengikuti anjuran dari Pemerintah Pusat dan Dinas Kesehatan Kota Semarang. Sehingga sejak pertengahan Oktober, sudah meresepkan obat puyer kepada pasien.

Meskipun pihak puskesmas telah mendapat informasi dari BPOM dan kementerian kesehatan melalui Dinas Kesehatan Kota Semarang terkait sejumlah obat sirop yang aman dikonsumsi, namun Puskesmas Miroto tetap meresepkan obat puyer kepada pasien. Menyikapi obat sirop yang saat ini dimiliki oleh pihak puskesmas dan sudah dinyatakan aman dikonsumsi jumlahnya terbatas dan hanya dua jenis obat sirop saja.

"Berdasarkan surat dari BPOM dan Kemenkes, dari Dinas Kesehatan menginfokan kepada kami bahwa memang ada beberapa sirop yang sudah dinyatakan aman. Namun, karena kami puskesmas kecil, jadi tidak semua yang dinyatakan itu kami punya. Kami masih lebih banyak menggunakan puyer," terang Dien Hasana.

Terkait keluhan dari pasien yang mendekati gejala gangguan ginjal akut, sampai saat ini pihak Puskesmas Miroto belum mendapati keluhan penyakit tersebut. Pihak puskesmas selalu mengantisipasi dengan melakukan skrining ketat terutama pada pasien anak.

#puskesmas #obat #dinaskesehatan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x