Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat: AHY Sosok yang Tepat Jadi Cawapres Anies di Pilpres 2024

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 09:15 WIB
demokrat-ahy-sosok-yang-tepat-jadi-cawapres-anies-di-pilpres-2024
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disambut Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di DPP Partai Demokrat, Jumat (7/10/2022). (Sumber: Fadel Prayoga/Kompas TV)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS TV - Hasil Survei Litbang Kompas untuk periode Oktober 2022 menunjukkan nama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY masuk ke dalam lima besar sosok cawapres  yang paling diminati masyarakat pada gelaran Pilpres 2024 mendatang.

Dilansir dari Kompas.id, Rabu (26/10/2022), dalam deretan lima besar tokoh potensial cawapres nama AHY memiliki nilai elektabilitas 6,6 persen. 

Baca Juga: Nasdem Mulai Sosialisasi Capres, Wasekjen: Akhir Tahun Elektabilitas Anies Susul Ganjar dan Prabowo

Menanggapi hal itu, Koordinator Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra menyebut, hasil survei tersebut menunjukkan kalau AHY merupakan sosok yang tepat menjadi cawapres mendampingi Anies  Baswedan dalam pesta demokrasi nanti.

"Bagi kami, hasil survei ini semakin menunjukkan kalau AHY memang sosok cawapres yang tepat untuk Anies," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (28/10/2022).

Ia menjelaskan, dengan nilai eletabilitas AHY sebesar 6,6 persen yang notabenenya bukan seorang pejabat publik tentu itu sebagai indikator kalau sosok AHY memang memiliki keterpilihan yang tinggi di masyarakat Indonesia.

"Posisi Ketum PD, AHY, di urutan ke-5 dengan elektabilitas sebesar 6,6 persen ini terbilang tinggi. Satu-satunya sosok yang bukan pejabat publik. Bahkan, selisih dengan figur-figur di atasnya, relatif tipis," kata dia.

Herzaky menilai ini menunjukkan harapan publik kepada Anies dan AHY sebagai pemimpin nasional berikutnya.

"Belum lagi jika mencermati simulasi pasangan calon di berbagai survei. Anies-AHY sejak pertengahan tahun lalu memiliki elektabilitas yang cenderung stabil dan unggul dibandingkan pasangan calon lainnya. Ini menunjukkan adanya harapan besar dari rakyat kepada Anies dan AHY untuk memimpin perubahan dan perbaikan di negeri ini," ujarnya.

Selain itu, kata Herzaky, dengan jabatan AHY sebagai orang nomor satu di partai berlambang bintang mercy itu tentu akan mudah untuk memenangkan Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Nasdem Ingatkan Masyarakat Aceh untuk Tak Percaya Informasi Fitnah yang Menyerang Anies

"Belum lagi jika kita berbicara mengenai posisi AHY sebagai Ketua Umum Partai Demokrat. Memiliki mesin partai yang terbukti efektif hingga ke pelosok nusantara, di 34 provinsi, 514 kabupaten/kota, 83 ribu desa dan kelurahan, dengan hampir dua ribu anggota Dewan se-Indonesia, yang bisa menjadi kunci dalam pemenangan Pilpres 2024," katanya.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x