Kompas TV nasional rumah pemilu

Ganjar Diprediksi akan Raih Tiket Capres dari PDIP, Peneliti BRIN: Tunggu Last Minute seperti Jokowi

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 17:15 WIB
ganjar-diprediksi-akan-raih-tiket-capres-dari-pdip-peneliti-brin-tunggu-last-minute-seperti-jokowi
Ilustrasi. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dari hasil analisis Litbang Kompas, generasi Z dan milenial memiliki peran penting dalam menentukan hasil Pemilu 2024. (Sumber: Kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dinilai bakal tetap mendapatkan tiket sebagai calon presiden (capres) dari PDI Perjuangan (PDIP) pada Pemilu 2024, meskipun elite partai berlogo banteng tersebut masih condong pada Puan Maharani.

Hal itu diungkapkan Firman Noor, peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengomentari melejitnya nama Ganjar dalam simulasi Litbang Kompas Oktober 2022 yang dirilis hari ini, Kamis (27/10/2022). 

Firman memprediksi PDIP akan memberikan tiket capres kepada Ganjar pada 'menit-menit terakhir' atau last minute jelang pendaftaran capres pada 14 Juni 2022 mendatang, persis seperti saat Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan tiket capres pada 2014. 

Dia juga memaparkan, dalam dinamika internal PDIP memang tidak segampang itu untuk memberikan tiket untuk maju dalam pencapresan.  

Apalagi PDIP adalah partai pemenang Pemilu yang ingin mencetak hattrick alias tiga kali memenangi pertarungan Pilpres pada 2024. 

"Dinamika internal biasa. Kita tunggu sampai hari H soal tiket Ganjar ini," kata Firman saat dihubungi KOMPAS.TV, Kamis.


Baca Juga: Elektabilitas Ganjar Pranowo Kuat, Kasus Wadas Dinilai Jadi Sandungannya Maju sebagai Capres 2024

Firman lantas mengacu saat Jokowi maju sebagai capres PDIP untuk kali pertama pada 2014 lalu.

Menurutnya, hal serupa sangat mungkin terjadi pada Ganjar Pranowo mengingat elektablitasnya yang menanjak.

"Kalau berkaca seperti dari pengalaman dengan Jokowi, last minute akan dikasih. Tetap ada peluang Ganjar didukung PDIP. Tapi kapannya belum tahu. Sejauh ini, elite PDI coba masih majukan Puan. Akan ketahuan siapa nanti lebih realistis," papar Firman.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x