Kompas TV nasional rumah pemilu

Pemilih Prabowo-Sandiaga Solid ke Anies, Pendukung Jokowi Merapat ke Ganjar versi Litbang Kompas

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 12:15 WIB
pemilih-prabowo-sandiaga-solid-ke-anies-pendukung-jokowi-merapat-ke-ganjar-versi-litbang-kompas
Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dua nama diprediksi bersaing ketat di Pilpres berdasarkan survei litbang Kompas (Sumber: Kompas/Has/Ron)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil simulasi Litbang Kompas Oktober 2022 yang dirilis pada hari ini, Kamis (27/10/2022) menyebutkan, para pendukung dan pemilih Jokowi-Maruf pada Pemilu 2019 lalu bakal mengalihkan dukungan kepada Ganjar Pranowo sebagai capres di 2024. 

Sebaliknya, suara pendukung pasangan Prabowo-Sandiaga Uno di Pilpres lalu merapat kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. 

Dalam simulasi itu juga digambarkan, Ganjar Pranowo diperkirakan bakal bersaing ketat dengan Anies Baswedan jika saling berhadapan di Pilpres mendatang. 

"Calon pemilih dalam pemilu mendatang yang pada Pemilu 2019 memilih Joko Widodo-Ma’ruf Amin cukup solid memberikan dukungan suara untuk Ganjar," tulis Litbang Kompas dilansir dari kompas.id 

Adapun untuk suara yang diberikan kepada Ganjar mencapai 68,4 persen jika hanya berhadapan dengan Anies dalam kontestasi pemilu.

"Sebaliknya, dukungan dari pemilih yang pada pemilu lalu memilih pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, kepada Anies lebih solid lagi, mencapai 75,1 persen," tulis laporan itu. 

Meski demikian, lanjut laporan itu, Ganjar diuntungkan oleh dukungan dari kelompok yang saat pemilu lalu belum memberikan suaranya dan yang golput.

"Sebesar 63,8 persen dari kelompok itu memberikan suara untuk Ganjar," tulis Litbang kompas.

Baca Juga: Menang Lawan Prabowo, Ganjar Bisa Imbang Lawan Anies di Pilpres 2024 Versi Litbang Kompas

Simulasi Pemilih Ganjar, Anies, Prabowo



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x