Kompas TV internasional kompas dunia

Suriah Kembali Laporkan Terjadinya Serangan Israel di Damaskus

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 06:47 WIB
suriah-kembali-laporkan-terjadinya-serangan-israel-di-damaskus
Israel menyerang kota Damaskus dan Bandara Internasional Aleppo di Suriah pada Rabu (31/8/2022) malam waktu setempat. Serangan Israel kembali terjadi pada Kamis (27/10/2022) dini hari dan merupakan serangan ketiga Israel dalam seminggu terakhir. (Sumber: ANHA)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Iman Firdaus

DAMASKUS, KOMPAS.TV - Serangan udara Israel memborbardir beberapa target di sekitar Damaskus, Suriah, Kamis (27/10/2022) pagi. Serangan ini merupakan yang ketiga kalinya dalam seminggu terakhir. 

Militer Suriah mengatakan bahwa rudal Israel ditembakkan ke pos-pos dekat kota Damaskus sekitar pukul 12:30 dini hari dan pertahanan udara Suriah telah menghadapi agresi rudal dan menjatuhkan sebagian besar dari rudal tersebut.

Seperti dikutip dari The Associated Press, sejauh ini tidak ada korban jiwa yang dilaporkan karena serangan udara tersebut. Namun serangan ini merupakan ketiga kalinya dalam minggu ini, setelah sebelumnya terjadi pada Jumat dan Senin lalu. Sebelumnya, serangan udara yang terjadi pada Senin siang telah melukai seorang tentara Suriah. 

Serangan hari Jumat adalah serangan pertama sejak 17 September. Ketika itu, serangan terjadi di Bandara Internasional Damaskus dan pos militer terdekat yang berada di selatan ibukota Suriah. Serangan itu menewaskan lima tentara.

Baca Juga: Tiktok Dituding Gasak Sumbangan untuk Pengungsi Suriah yang Mengemis Live di Platformnya

Tentara Israel tidak merilis pernyataan tentang serangan udara. Israel telah melakukan ratusan serangan terhadap sasaran di dalam wilayah yang dikuasai pemerintah Suriah dalam beberapa tahun terakhir, tetapi jarang mengakui atau membahas operasi tersebut.

Namun Israel telah mengakui bahwa mereka menargetkan pangkalan kelompok militan yang merupakan sekutu Iran, seperti Hizbullah Lebanon, yang telah mengirim ribuan pejuang untuk mendukung pasukan Presiden Suriah Bashar Assad.

Baca Juga: Suriah Minta AS Pergi Tinggalkan Negaranya, Disebut Bikin Rugi

Serangan Israel terjadi di tengah perang bayangan yang lebih luas antara Israel dan Iran. Serangan-serangan di bandara-bandara di Damaskus dan Aleppo dilakukan karena kekhawatiran Israel bahwa bandara tersebut akan digunakan untuk menyalurkan persenjataan Iran ke Suriah.
 



Sumber : The Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x