Kompas TV nasional peristiwa

Bantah Hoaks, Alumni Fakultas Kehutanan UGM Angkat Suara Soal Isu Ijazah Palsu Jokowi

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 17:09 WIB
bantah-hoaks-alumni-fakultas-kehutanan-ugm-angkat-suara-soal-isu-ijazah-palsu-jokowi
Ijazah Palsu Jokowi. Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (KAGAMAHUT) ikut angkat suara perihal isu ijazah palsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Sumber: Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Gading Persada

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada Fakultas Kehutanan (KAGAMAHUT) ikut angkat suara perihal isu ijazah palsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Mereka menegaskan Jokowi adalah memang benar alumni Fakultas Kehutanan UGM angkatan 1980.

“Isu yang beredar mengenai ijazah palsu Jokowi tidak benar,” ujar PIC KAGAMAHUT angkatan 1980 Musthofa Iskandar, dalam konferensi pers rangkaian acara Dies Natalis ke-59 Fakultas Kehutanan UGM, Jumat (21/10/2022).

Menurut Mustoha, sebagai sesama alumni Fakultas Kehutanan UGM turut bertanggung jawab secara moral untuk meluruskan isu yang beredar mengenai ijazah Jokowi.

Rekan-rekan satu angkatan Jokowi menjadi saksi.

Baca Juga: Teman SMA Jokowi Mengaku Ijazahnya Pernah Ditawar 10 Miliar, Diduga Terkait Isu Ijazah Palsu Jokowi

Dalam kesempatan itu, ia juga ikut mengenang momen semasa kuliah dengan Jokowi. Dia menilai Joko Widodo adalah sosok yang supel dan mudah bergaul dengan lingkungan pertemanan.

Sejak dulu, Joko Widodo tidak banyak berubah dari sisi cara berpakaian yang selalu sederhana bahkan ketika ia telah menjabat sebagai orang nomor satu di Indonesia,

"Dari dulu beliau memang sederhana dan rendah hati, jadi kami tidak sungkan untuk membuka pertemanan. Sampai saat ini pun menjadi presiden tetap sederhana dan rendah hati. Beliau sangat aktif mengikuti kegiatan di organisasi Mahasiswa Pencinta Alam atau Mapala Silvagama," ucapnya.

Sementara, Ketua Bidang Litigasi KAGAMA Bantuan Hukum (KBH) Mandela Sinaga menyampaikan sebagai bagian dari Keluarga Alumni Gadjah Mada (KAGAMA), KBH selalu siap memberikan pendampingan kepada alumni UGM yang membutuhkan bantuan hukum.

Terkait isu ijazah Jokowi, KBH pun siap turun tangan jika diperlukan.


 

KAGAMA Bantuan Hukum dan KAGAMAHUT Angkatan 1980 pun menyatakan pernyataan sikap dan tuntutan sebagai berikut terkait isu ijazah palsu Jokowi:

1. Bahwa Prof. dr. Ova Emilia, M.Med., Ed., Sp.OG(K)., Ph.D., selaku Rektor UGM telah menyatakan pada 11 Oktober 2022 bahwa ijazah 5-1 Ir. Joko Widodo adalah asli dan benar adanya, dengandemikian ijazah tersebut sah di hadapan hukum.

2. Bahwa berdasarkan keterangan KAGAMAHUT Angkatan 1980, Ir. Joko Widodo adalah Mahasiswa Fakultas Kehutanan Angkatan 1980 dan telah diwisuda pada bulan November tahun 1985.

3. KAGAMAHUT Angkatan 1980 dan KAGAMA Bantuan Hukum mengecam segala bentuk kesesatan informasi dan berita bohong yang ditudingkan terhadap Ir. Joko Widodo sebagai Alumni Fakultas Kehutanan UGM, khususnya tentang isu penggunaan ijazah palsu.

4. Mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menyebarkan berita bohong dan informasi yang menyesatkan.

Baca Juga: Sidang Gugatan Ijazah Palsu Jokowi Ditunda, Ini Sebabnya

5. Meminta kepada siapapun yang telah menyebarkan informasi sesat dan berita bohong untuk segera menghentikan perbuatannya karena adanya konsekuensi hukum atas perbuatan melawan hukum tersebut.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x