Kompas TV internasional kompas dunia

PM Inggris Liz Truss Mundur: Rusia Gembira, Prancis Prihatin, dan Oposisi Tuntut Pemilu Segera

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 21:40 WIB
pm-inggris-liz-truss-mundur-rusia-gembira-prancis-prihatin-dan-oposisi-tuntut-pemilu-segera
Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, berkomentar soal pengunduran diri PM Inggris Liz Truss hari ini, Kamis (20/10/2022). (Sumber: Russian Foreign Ministry Press Service via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Beberapa saat setelah Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss mengumumkan pengunduran dirinya sebagai PM dan pemimpin Partai Konservatif pada Kamis (20/10/2022), pemimpin oposisi dari Partai Buruh Keir Starmer langsung menuntut pemilihan umum segera.

“The Tories (Konservatif) menangani kekacauan terbaru mereka dengan hanya mengklik jari mereka dan menyeret orang-orang di atas tanpa persetujuan dari rakyat Inggris. Kami membutuhkan pemilihan umum, sekarang,” kata Starmer, Kamis, seperti dikutip dari Straits Times.

Partai Konservatif “menunjukkan tidak lagi memiliki mandat untuk memerintah”, tambahnya.

“Setelah 12 tahun kegagalan Tory, rakyat Inggris layak mendapatkan jauh lebih baik daripada kekacauan yang terus bergulung ini."

"Sekarang, mereka menghancurkan ekonomi dengan sangat parahnya sehingga rakyat menghadapi tambahan £500 sebulan untuk pembayaran cicilan rumah mereka. Kerusakan yang mereka lakukan akan membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk diperbaiki.”

Sementara itu, Kementerian Luar Negeri Rusia, Kamis, menyambut baik kepergian Truss, dengan menyebutnya sebagai aib dari seorang pemimpin yang akan dikenang karena "literasinya yang buruk laksana bencana."

"Inggris tidak pernah punya aib sebesar ini yang dimiliki oleh seorang perdana menteri," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, dalam sebuah unggahan di media sosial.


Baca Juga: Inggris Didera Krisis, Perdana Menteri Liz Truss Mengundurkan Diri, Hanya Menjabat selama 44 Hari

PM Inggris Liz Truss berbicara kepada media di depan gedung Downing Street di London, Kamis, 20 Oktober 2022. Truss mengatakan dia mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif Inggris. (Sumber: AP Photo/Alberto Pezzali)

Truss menjadi sasaran komentar pedas dan olok-olok Moskow sejak berkunjung pada Februari lalu sebagai bagian dari upaya sia-sia politisi Barat untuk mencegah invasi Rusia ke Ukraina.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x