Kompas TV olahraga sepak bola

Presiden FIFA: Kami akan Pastikan Indonesia Bisa Bersinar di Panggung Sepak Bola Global

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 17:12 WIB
presiden-fifa-kami-akan-pastikan-indonesia-bisa-bersinar-di-panggung-sepak-bola-global
Presiden Joko Widodo bersama Presiden FIFA Gianni Infantino melakukan pertemuan untuk membahas transformasi sepak bola Indonesia di Istana Merdeka, Selasa (18/10/2022). (Sumber: Sekretariat Kabinet)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden FIFA Gianni Infantino menegaskan komitmennya untuk membantu Indonesia agar bisa bersaing dan berprestasi di kancah sepak bola dunia. 

Hal tersebut diungkapkan Infantino seusai melakukan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo di Istana Merdeka, Selasa (18/10/2022). 

Dalam pernyataannya, Infantino mengatakan FIFA akan bermitra dengan pemerintah Indonesia, Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC), dan PSSI dalam proses transformasi sepak bola nasional. 

Nantinya, sejumlah ahli dari FIFA akan datang dan berkantor di Indonesia untuk fokus melakukan transformasi di berbagai bidang seperti infrastruktur, operasional stadium, hingga perilaku suporter.

"Saya jamin Presiden FIFA ke sini untuk bersama Indonesia bekerja lebih dekat dengan pemerintah RI dan AFC dan PSSI untuk transformasi dan reformasi sepak bola," kata Infantino. 

"Negara ini adalah negara sepak bola dengan passion dari jutaan penduduk, hampir 300 juta penduduk Indonesia mencintai sepak bola."

"Kami akan membawa ahli-ahli kami, kami akan membantu dan berinvestasi, kami akan memastikan Indonesia bisa bersinar di panggung sepak bola global,” ucapnya. 

Baca Juga: Gianni Infantino: FIFA Ada di Sini Untukmu, Kita Akan Melakukan Transformasi Sepak Bola di Indonesia

"Tahun ini FIFA World Cup akan dimulai di Qatar. Tahun depan, pemain-pemain terbaik dunia akan datang ke Indonesia dan akan ada talenta dari Indonesia yang bisa muncul dalam pertandingan-pertandingan tersebut," lanjutnya. 

"Kami ingin sepak bola Indonesia bisa bergabung World Cup. Masa depan bermula dari sekarang, menuju FIFA World Cup. Indonesia tidak hanya mampu menjadi penyelenggara event besar seperti G20, ke depan bisa menjadi episentrum sepak bola global, dari sinilah yang kami inginkan," pungkas Infantino.


Dalam kesempatan yang sama, Presiden Jokowi juga mengatakan akan melakukan transformasi sepak bola Indonesia secara menyeluruh.

Hal itu dilakukan agar tragedi yang terjadi di Kanjuruhan tidak lagi terulang di masa depan, sekaligus memastikan keamanan bagi seluruh pihak yang berada di stadion.

"Kami sepakat untuk lakukan transformasi sepak bola secara menyeluruh. Memastikan semua aspek pertandingan berjalan sesuai standar keamanan yang ditetapkan oleh FIFA," kata Jokowi.

"Baik pemain dan penonton harus terjamin keamanan dan keselamatannya," tegasnya.

"Untuk itu, kita sepakat mengkaji kembali kelayakan stadion dan juga menggunakan penerapan teknologi untuk mitigasi aneka potensi yang membahayakan penonton maupun pemain," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Jalin Kerja Sama Erat, FIFA Berikan Cendera Mata Berupa Bola & Jersi untuk Presiden Jokowi!

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x