Kompas TV nasional peristiwa

Iwan Bule dan Petinggi PSSI Batal Diperiksa Polri Hari ini, Apa Alasannya?

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 13:56 WIB
iwan-bule-dan-petinggi-pssi-batal-diperiksa-polri-hari-ini-apa-alasannya
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam konferensi pers, Kamis (13/10/2022). (Sumber: Tangkap Layar Kanal YouTube Kompas TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto memastikan, pemeriksaan terhadap dua petinggi teras PSSI, yakni Ketum Mochamad Iriawan atau Iwan Bule dan wakilnya, Iwan Budianto, batal diperiksa hari ini, Selasa (18/9/2022) sebagai saksi tragedi Kanjuruhan. 

Dirmanto juga mengungkapkan, alasan penundaan tersebut disampaikan langsung secara tertulis oleh pihak Sekjen PSSI pada Senin (17/10/2022).

Dijelaskan juga, dua pejabat utama PSSI tersebut berhalangan hadir karena sedang melaksanakan kegiatan yang telah dijadwalkan lama, yakni mendampingi Presiden FIFA untuk bertemu Presiden Jokowi. 

Pertemuan antara Presiden FIFA, Gianni Infantino, dan Presiden Jokowi digelar hari ini. 

"Alasan, beliau ada agenda yang terjadwal lama. Di antaranya mendampingi kunjungan Presiden FIFA, yang akan bertemu dengan RI 1 dari kegiatan PSSI," ujarnya di Gedung Ditreskrimum Mapolda Jatim, Selasa (18/10/2022) dilansir Tribunnews. 

Sehingga, lanjut Dirmanto, kedua pihak terperiksa sebagai saksi itu akan dijadwalkan ulang agenda pemeriksaannya setelah Kamis (20/10/2022).

"Semuanya saksi-saksi. Yang di-reschedule hanya 2 saja. Ketum dan wakil PSSI. Di atas tanggal 20 Oktober, sesuai permintaan yang bersangkutan," ujarnya.


 

Tragedi Kanjuruhan terjadi usai laga Arema vs Persebaya di Stadion Kanjuruhan yang merenggut 132 orang meninggal dunia, Sabtu (1/10/2022).

Baca Juga: Iwan Bule cs Bakal Diperiksa Polda Jatim Hari Ini sebagai Saksi Tragedi Kanjuruhan

Baca Juga: PSSI dan PT LIB Pernah Utang Miliaran ke Bali United, Ini Nominalnya

Sebelumnya, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri Kombes Pol Nurul Azizah, menjelaskan bahwa hari ini akan ada pemeriksaan Ketum dan petinggi PSSI. 

"Besok (Selasa , red) rencananya akan melakukan pemeriksaan beberapa saksi, termasuk di dalamnya dari PSSI," kata dia Senin malam (17/10/2022).

Terkait pemeriksaan Iwan Bule dan para pengurus PSSI, Polri juga menjelaskan ada beberapa saksi lain yang juga bakal diperiksa pada hari ini Selasa (18/10).

Para saksi itu mulai dari bendahara Arema FC, Koordinator lLapangan (Korlap) Steward, Departemen Kompetisi PT LIB.

Menurut Nurul, pemeriksaan saksi dari Departemen Kompetisi PT LIB merupakan lanjutan dari pemeriksaan sebelumnya. Dilanjutkan pemeriksaan saksi terhadap komisioner direktorat kompetisi PSSI.

"Selanjutnya (pemeriksaan) Ketua Umum PSSI, kemudian Komisi Banding PSSI dan sekretaris pengarsipan," kata Nurul.



Sumber : Kompas TV/Tribunnews


BERITA LAINNYA



Close Ads x