Kompas TV nasional peristiwa

Resmi Dilantik Jadi Pj Gubernur DKI, Heru Bakal Hidupkan Meja Pengaduan seperti Era Ahok

Kompas.tv - 17 Oktober 2022, 15:48 WIB
resmi-dilantik-jadi-pj-gubernur-dki-heru-bakal-hidupkan-meja-pengaduan-seperti-era-ahok
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono usai dilantik oleh Mendagri Tito Karnavian, Senin (17/10/2022). Heru akan menghidupkan kembali meja pengaduan seperti di era Ahok. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kompas TV/Dina Karina )
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono bakal menghidupkan kembali meja pengaduan masyarakat seperti yang ada di zaman Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Heru mengatakan akan mulai memberikan pengarahan kepada seluruh pejabat di DKI Jakarta untuk menyukseskan meja pengaduan. 

“Insyaallah begitu, besok saya akan melakukan pengarahan kepada seluruh pejabat DKI. Nanti akan ada poin-poin,” kata Heru di Balai Kota Jakarta, Senin (17/10/2022).

Baca Juga: Heru Budi Hartono Janji Teruskan Program yang Bagus untuk Warga Jakarta

Setiap pemerintah kota (Pemkot) di wilayah administrasi di Jakarta nantinya akan dimintai perwakilan untuk bergantian menjaga meja pengaduan. Selanjutnya, akan dibuatkan jadwal piket petugas meja pengaduan.

Meja pengaduan ini akan dibuka selama satu jam setiap harinya, mulai pukul 08.00 hingga 09.00 WIB.


“Saya minta perwakilan dari wali kota mulai dari asisten-asisten, ada empat ya yang setiap hari bergantian, setiap wilayah ada di sini, nanti bergiliran juga yang bertugas di wilayah kepala bagiannya,” kata Heru.

“Nanti akan diatur asisten siapa yang piket dari jam 08.00 sampai jam 09.00 saja kan,” ujarnya.

Setelah masyarakat memberikan pengaduannya, perwakilan dari pemkot akan mengawal dan mendiskusikan masalah tersebut ke wilayahnya masih-masing.

Meja pengaduan ini akan dibuka setiap hari Senin hingga Kamis. 

“Senin sampai Kamis, kalau Jumat itu kan terbatas, ada yang mau salat Jumat,” ucapnya.

Melansir Kompas.com, meja pengaduan di Balai Kota Jakarta sudah seperti sebuah tradisi saat Ahok menjabat. Dalam beberapa kesempatan, Ahok ikut terlibat di meja pengaduan dan melayani masyarakat.

Baca Juga: Anies Baswedan Puji Heru Budi Hartono: Teknokrat yang Berpengalaman Hadapi Masalah Jakarta

Meja pengaduan ini sempat diteruskan oleh Djarot Saiful Hidayat setelah Ahok tak lagi menjabat.

Pada zaman Djarot, mekanisme meja pengaduan diperbaiki, di mana meja pelayanan dibagi dalam beberapa kategori, seperti pengaduan khusus tentang kesehatan, pendidikan, hingga masalah rusun. 

Kini, setelah Heru Budi Hartono dilantik sebagai Pj Gubernur DKI Jakarta, Senin (17/10/2022), meja pengaduan itu kembali dihidupkan.



Sumber : Kompas TV, Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x