Kompas TV nasional hukum

Hari Ini Sambo CS akan Disidang di Ruang Utama Oemar Seno Adji, Siapa Dia?

Kompas.tv - 17 Oktober 2022, 05:41 WIB
hari-ini-sambo-cs-akan-disidang-di-ruang-utama-oemar-seno-adji-siapa-dia
Ruang Sidang Utama PN Jakarta Selatan (Sumber: Kompas.Com-)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan (Jaksel) siap menggelar sidang perdana kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan obstruction of justice terkait penyidikan perkara tersebut.

Empat terdakwa bakal menjalani sidang perdana dengan agenda pembacaan surat dakwaan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Jakarta Selatan pada hari ini,  Senin (17/10/2022). Mereka adalah Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, Ricky Rizal dan Kuat Maruf.


"Persiapan persidangan sudah kami koordinasikan dengan pihak Kejaksaan dan Kepolisian Jakarta Selatan," ujar Humas PN Jaksel Djuyamto kepada Kompas.com, Minggu (16/10/2022).

Baca Juga: Keluarga Brigadir J Tak akan Hadiri Sidang Perdana Ferdy Sambo Besok

Sidang Ferdy Sambo dan kawan-kawan akan dilaksanakan di ruang utama Oemar Seno Adji di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan secara terbuka untuk umum.

Siapa Oemar Seno Adji?

Megutip lama perpustakaan nasional, Oemar adalah adalah mantan Ketua Mahkamah Agung RI periode 1974-1982. Lelaki kelahiran Surakarta 5 Desember 1915 itu juga dipercaya menjabat Menteri Kehakiman Kabinet Pembangunan I (1968-1973)  Setelah pensiun, ia kembali ke dunia akademis sebagai rektor memimpin Universitas Krisnadwipayana (1981-1984). Seno juga membuka Kantor Advokat Oemar Seno Adji.

Berbagai karya tulis dan pandangan Seno dijadikan sebagai referensi penting. Keputusannya juga menjadi yurisprudensi yang menjadi ensiklopedi hukum Indonesia. Beberapa bukunya mengenai hukum seperti : Aspek-Aspek Hukum Pers, Massmedia dan Hukum, serta Hukum (Acara) Pidana dalam Prospeksi telah menjadi rujukan bagi praktisi hukum. Selain itu, makalah-makalahnya di berbagai seminar dan simposium dalam dan luar negeri, juga menjadi referensi.

Baca Juga: Jelang Sidang Perdana Ferdy Sambo Cs, Kekasih Brigadir J Doakan Majelis Hakim: Kami Ingin Keadilan

Oemar meninggal pada 5 Desember 1984.


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x