Kompas TV internasional kompas dunia

Canggih, China Mulai Uji Coba Taksi Terbang di Dubai

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 12:38 WIB
canggih-china-mulai-uji-coba-taksi-terbang-di-dubai
Taksi terbang milik perusahaan asal China diuji coba di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Senin (10/10/2022). (Sumber: AP)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

DUBAI, KOMPAS.TV - Xpeng Inc, sebuah perusahaan penerbangan asal China, mulai uji coba taksi terbang elektrik di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Senin (10/10/2022).

Taksi terbang bernama XPeng X2 itu menawarkan teknologi futuristik untuk mengangkut warga melintasi kota-kota lewat udara.

Sebagaimana diwartakan Associated Press, produk milik perusahaan yang berbasis di Guangzhou itu merupakan satu dari lusinan proyek mobil terbang yang ada di dunia.

Di antara proyek-proyek sebelumnya, hanya segelintir yang sukses diuji coba menggunakan penumpang. Pun, itu memakan waktu tahunan sebelum benar-benar beroperasi.

Sementara demonstrasi di Dubai dilakukan tanpa awak, XPeng Inc mengeklaim mereka sudah melakukan tes penerbangan dengan penumpang pada Juli 2021.

Baca Juga: China Bakal Operasikan Taksi Tanpa Sopir di Dua Kota, Sudah Ada Izin Skala Besar

Dari sisi spesifikasi, kendaraan yang dirancang ramping ini bisa mengangkut dua penumpang sekaligus. Mengandalkan tenaga dari delapan baling-baling, XPeng X2 bisa mencapai kecepatan maksimum hingga 130 km per jam.

Beda halnya dengan pesawat terbang atau helikopter, taksi terbang ini menawarkan kepraktisan perjalanan pribadi point-to-point yang cepat.

Direktur eksekutif Kamar Dagang dan Industri Dubai, Omar Abdulaziz AlKhan, kagum ketika menyaksikan uji coba itu.

"Mobil terbang ini adalah barang mewah. Banyak jutawan mencari teknologi dan produk mewah seperti itu. Dubai adalah tempat di mana kami memiliki pelanggan," kata Omar, diwartakan Khaleej Times.

Ditanya kapan produk itu akan mulai komersil di negaranya, Omar menjawab, "Itu tergantung pada seberapa cepat kita dapat mengadopsi kerangka terbang komersial perkotaan. Akan ada lebih banyak tes yang terjadi di Dubai dan kemudian akan dikomersialkan."

Baca Juga: Negara Haiti Dilumpuhkan Geng, Pemerintah Sampai Minta Bantuan Tentara Internasional


 



Sumber : AP/Khaleej Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x