Kompas TV religi beranda islami

Kisah Keajaiban Maulid Nabi, Tak seperti Bayi Umumnya, Rasulullah Lahir dalam Keadaan Bersujud

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 17:08 WIB
kisah-keajaiban-maulid-nabi-tak-seperti-bayi-umumnya-rasulullah-lahir-dalam-keadaan-bersujud
Ilustrasi. Inilah kisah keajaiban Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW. (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini sejumlah keajaiban yang terjadi pada momen Maulid Nabi atau kelahiran Muhammad SAW yang terjadi pada 12 Rabiul Awal 571 Masehi. 

Dikisahkan oleh Ustaz Muhamad Abror di situs resmi NU, momen kelahiran Nabi Muhammad SAW penuh dengan keajaiban. 

Saat Nabi lahir, langit digambarkan terlihat sangat indah, burung-burung berkicau dan kebahagiaan terpancar di segala penjuru langit dan bumi.

Namun ada salah satu keajaiban yang membuat beliau berbeda dengan manusia biasa. Ketika dilahirkan, Rasulullah dikisahkan dalam keadaan bersujud, tak seperti bayi pada umumnya. 

"Jika bayi pada umumnya lahir dalam keadaan menangis dan belum bisa apa-apa, lain lagi dengan Nabi Muhammad yang lahir dalam keadaan sujud," tulis Ustaz Abror. 

Mengutip Imam Jalaluddin as-Suyuti dalam kitab Khasaishul Kubra yang mengisahkan peristiwa tersebut, Ustaz Abror mengatakan, bayi Muhammad bersujud lalu mengangkat kedua tangannya seperti orang yang sedang berdoa. 

"Bahwa begitu keluar dari rahim Siti Aminah, Nabi Muhammad sujud lalu mengangkat kedua tangannya seperti orang berdoa. (Jalaluddin as-Suyuti, Khasaishul Kubra, 2017: 82)," imbuhnya. 

Keajaiban lainnya, beliau ketika lahir ke dunia juga dikisahkan sudah dalam keadaan terkhitan. 

Khitan sendiri adalah salah satu kewajiban bagi seorang muslim laki-laki.

"Salah satu keistimewaan yang dimiliki oleh Nabi Muhammad adalah sudah dalam keadaan dikhitan saat lahir," imbuh alumnus Pondok Pesantren KHAS Kempek Cirebon dan Ma'had Aly Saidusshiddiqiyah Jakarta itu.



Sumber : Kompas TV/NU Online


BERITA LAINNYA



Close Ads x