Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Media Asing Soroti Anggaran Polri Dikaitkan Tragedi Kanjuruhan: Korup, Brutal, Tidak Akuntabel

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 08:20 WIB
media-asing-soroti-anggaran-polri-dikaitkan-tragedi-kanjuruhan-korup-brutal-tidak-akuntabel
Kondisi gate atau pintu 13 Stadion Kanjuruhan setelah peristiwa kericuhan yang menelan setidaknya 131 nyawa, Selasa (3/10/2022). (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tragedi yang terjadi di Stadion Kanjutuhan, Malang menjadi peristiwa yang bukan hanya menjadi sorotan di Indonesia, namun juga menjadi sorotan dunia. Setidaknya ada 131 orang yang tewas dalam tragedi ini.

Salah satu media internasional yang turut menyoroti tragedi Kanjuruhan ini adalah The New  York Times. Dalam laporan khusus berjudul Deadly Soccer Clash in Indonesia Puts Police Tactics, and Impunity, in Spotlight itu membahas peran polisi yang menembakkan gas air mata sehingga menimbulkan kepanikan massa.

Namun, yang turut digarisbawahi dalam laporannya adalah, tragedi yang terjadi itu seturut dengan anggaran Polri yang terus naik. Sejak satu dekade terakhir, uang pajak rakyat untuk membiayai operasional Polri memang cenderung mengalami peningkatan pesat.

“Selama bertahun-tahun, puluhan ribu orang Indonesia telah menghadapi kekuatan polisi yang korup menurut banyak orang, menggunakan kekuatan brutal untuk menghalau massa, dan tidak akuntabel kepada siapa pun,” demikian tulis New York Times.

Anggaran Polri

Dikutip dari RUU APBN dan Nota Keuangan APBN, Polri sejauh ini masuk dalam tiga institusi kementerian/lembaga (K/L) dengan alokasi dana APBN terbesar yang diusulkan di tahun 2023.

Baca Juga: 3 Perwira Polri Jadi Tersangka Tragedi Kanjuruhan, Ada yang Perintahkan Tembak Gas Air Mata

Anggaran untuk institusi Polri tahun depan adalah sebesar Rp 107,7 triliun.

Adapun besaran anggaran untuk kepolisian ini berada di urutan ketiga, setelah Kementerian Pertahanan yang mendapat alokasi sebesar Rp 131,9 triliun dan Kementerian PUPR sebesar Rp 125 triliun.

Namun, untuk anggaran Kementerian Pertahanan meski paling tinggi, masih terbagi untuk 3 matra yakni TNI AD, TNI AU, dan TNI AL. Selain itu juga  untuk membiayai belanja dan operasional Kementerian Pertahanan dan Mabes TNI.

Meski memiliki anggaran terbesar ketiga dalam APBN tahun depan, anggaran Polri turun tipis dibandingkan di APBN 2022, di mana anggaran Korps Bhayangkara ini tercatat sebesar Rp 108,4 triliun.

Profesionalisme institusi Polri memang tengah jadi sorotan publik, tak hanya karena tragedi di Kanjuruhan Malang tapi juga karena kasus kematian Brigadir J yang terjadi sebelumnya.

Berikut ini anggaran APBN untuk Polri lima tahun terakhir:

  • 2018: Rp 98,1 triliun
  • 2019: Rp 94,3 triliun
  • 2020: Rp 104,7 triliun
  • 2021: Rp 111,1 triliun
  • 2022: Rp 108,4 triliun
  • RAPBN 2023: Rp 107,7 triliun

Menurut pemerintah, anggaran sebesar itu akan dialokasikan untuk memperkuat stabilitas Polhukam dalam mendorong pemulihan ekonomi, memodernisasi alat material khusus Polri dan untuk profesionalisme SDM.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x