Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei SMRC: NasDem Sukses Tarik Pemilih Anies Baswedan

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 20:31 WIB
survei-smrc-nasdem-sukses-tarik-pemilih-anies-baswedan
Anies Baswedan saat ditetapkan menjadi bakal calon presiden (capres) dari Partai Nasdem pada Senin (3/10/2022). (Sumber: KOMPAS TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berdasarkan hasil survei nasional yang diadakan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) terbaru, NasDem sukses menarik pemilih Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk mendukung partai yang dipimpin Surya Paloh itu.

Direktur Riset SMRC Deni Irvani mengatakan, survei itu mengukur kecenderungan dukungan pemilih kandidat calon presiden (capres) kepada NasDem jelang Pilpres 2024.

Adapun tiga kandidat yang disorot SMRC yakni Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto.

Menurut hasil survei tersebut, Deni mengatakan terdapat perubahan signifikan pada dukungan pemilih Anies terhadap NasDem.

Dukungan para pemilih Anies pada NasDem mengalami peningkatan jika dilihat dari hasil survei Mei 2021 dan Agustus 2022. 

"Kita melihat ada perubahan dukungan dari massa pemilih presiden dari Nasdem yang pertama pada Anies Baswedan yang berubah dari sebelumya hanya 3,8 persen pada survei tahun lalu pada Mei," kata Deni saat merilis hasil survei SMRC secara virtual, Kamis (6/10/2022).

"Kemudian pada survei terakhir Agustus 2022 massa pemilih Anies yang mendukung NasDem naik menjadi 8,1 persen."

Baca Juga: Membaca Kekuatan Manuver Akbar Tanjung yang Dukung Anies sebagai Capres di Pilpres 2024


Sementara itu, pada periode yang sama, dukungan pemilih Ganjar terhadap NasDem tidak mengalami banyak perubahan.

"Pemilih Ganjar itu tidak banyak berubah dukungannya kepada NasDem. Dari 2,7 persen menjadi 3,7 persen. Tidak signifikan," ujarnya.

Sedangkan dukungan dari massa pemilih Prabowo Subianto kepada NasDem justru cenderung mengalami penurunan.

"Dukungan dari pemilih Prabowo menurun dari 4,1 persen (pada bulan Mei 2021) menjadi 1,8 persen (pada bulan Agustus 2022)," ungkapnya. 

"Kelihatan NasDem pada survei Agustus 2022 sudah mulai menarik massa pemilih Anies secara lebih kuat ketimbang massa pemilih dua calon presiden yang lain. Ini terjadi setelah pengumuman tiga tokoh oleh NasDem."

Sebagai informasi, survei tersebut dilakukan secara tatap muka pada 5-13 Agustus 2022.

Sampel dipilih secara acak atau dengan metode stratified multistage random sampling sebanyak 1.220 responden.

Adapun margin of error survei dengan ukuran sampel tersebut diperkirakan sebesar lebih kurang 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Baca Juga: Diusung Nasdem Jadi Capres, Anies Bakal Temui AHY Besok



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x