Kompas TV regional berita daerah

Tambah Wawasan Pengrajin di Sorong Ikut Pelatihan Pengembangan Produk

Kompas.tv - 5 Oktober 2022, 20:30 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

SORONG, KOMPAS,TV - Kerajinan tangan Mama Papua dengan bahan dasar kulit kayu, hingga saat ini sudah merambah ke pasar Internasional. Sejumlah Negara seperti Australia dan Thailand tertarik dengan hasil karya pengrajin lokal di Sorong, karena unik dan menarik.

Inilah sebagian hasil rajutan tangan pengrajin Mama Papua di Sorong, Papua Barat yang sudah menembus pasar Luar Negeri. Untuk membuat satu produk membutuhkan waktu beberapa jam, karena pengrajin ini juga merupakan pedagang pasar. Meskipun demikian tidak menyurutkan semangat mereka untuk menghasilkan karya yang menarik.

Seperti tas atau noken, tempat tisu dan sejumlah kerajinan tangan lain, berbahan dasar kulit kayu ini sudah dikirim hingga 700 picis perbulannya ke Negara Australia dan Thailand. Dengan harga satu barang mencapai Rp 70.000.

Selain kerajinan tangan ada juga olahan ikan yang penjualannya sudah mencapai pasar Luar Negeri. Ini merupakan bentuk keseriusan UMKM di Papua untuk menunjukan bahwa hasil karya mereka juga sangat diminati di mata dunia.

Agar produk para pengrajin ini tetap diperjual belikan hingga ke Pasar Internasional, pemerintah Kota Sorong mewadahi dengan pelaksanaan pelatihan, agar menambah pengetahuan para pengrajin, agar lebih kreatif dalam menghasilkan karya terbaik.

Diharapkan kerajinan tangan masyarakat asli Papua tetap terjaga, dengan karya dan ukuran yang lebih menarik kedepannya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x