Kompas TV bisnis kebijakan

ASN Kabupaten Bangka Bakal Wajib Beli Beras Lokal

Kompas.tv - 4 Oktober 2022, 14:03 WIB
asn-kabupaten-bangka-bakal-wajib-beli-beras-lokal
Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin saat menghadiri panen padi IP200 di Desa Rias, Selasa. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Purwanto

BANGKA SELATAN, KOMPAS.TV – Aparatur sipil negara (ASN) di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Bangka Belitung akan diwajibkan membeli beras lokal.

Menurut Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, kebijakan itu untuk menjaga stabilitas harga beras hasil petani setempat.  

"Kami akan mengeluarkan kebijakan masyarakat, khususnya ASN wajib membeli beras lokal ini," kata Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid saat meninjau panen padi di Desa Rias, Selasa (4/10/2022), dikutip Antara.

Ia menjelaskan, kebijakan wajib membeli beras lokal ini sebagai tindak lanjut keluhan petani padi.

Pada saat panen raya, harga beras petani lokal anjlok di pasaran sehingga petani merugi atau keuntungan yang diperoleh petani relatif kecil.

"Kami sudah mendengar keluhan petani, ketika panen berlimpah harga beras menurun di pasaran," ungkap Riza.

Baca Juga: Beras Sumbang Inflasi Tertinggi di Kalteng yang Diproyeksikan Jadi Lumbung Pangan Nasional

Menurutnya, untuk mengupayakan agar saat panen raya tiba, hasil panen tersebut dapat diserap oleh daerah-daerah lain dengan harga stabil, sehingga tidak sampai jatuh di bawah harga standar.

"Untuk mengantisipasi panen raya yang diperkirakan pertengahan Oktober nanti, kami harus buat program agar harga tidak jatuh dan tetap berada pada tataran harga standar," ujarnya. .

Adapun Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Ridwan Djamaluddin mendukung kebijakan yang akan mewajibkan ASN membeli beras lokal untuk menjaga stabilitas harga beras petani daerah itu.

"Beras hasil petani Desa Rias ini berkualitas bagus dan tidak kalah dengan beras yang didatangkan dari luar daerah," katanya.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x