Kompas TV nasional hukum

Operasi Zebra Oktober 2022, Polri: Mindset Harus Diubah, Polisi Bukan Sosok Menakutkan

Kompas.tv - 1 Oktober 2022, 12:01 WIB
operasi-zebra-oktober-2022-polri-mindset-harus-diubah-polisi-bukan-sosok-menakutkan
Jelang Operasi Zebra 2022, Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Firman Shantyabudi mengingatkan masyarakat untuk menjaga ketertiban berlalu lintas, Jumat (30/9/2022). (Sumber: Polri.go.id)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jelang Operasi Zebra yang dilaksanakan mulai 3-16 Oktober 2022, Kakorlantas Polri Irjen. Pol. Firman Shantyabudi mengingatkan masyarakat untuk tertib berlalu lintas.

“Menilang atau tidak menilang, itu ada dalam kewenangan anggota berdasarkan undang-undang yakni diskresi. Jadi kita tidak harus menilang orang, cukup bilang, 'Mbak, jangan melanggar lagi ya?', boleh,” kata Firman, Jumat (30/9), dikutip dari laman resmi Polri.

Mindset kita ini harus diubah, bahwa polisi ini bukan sosok yang menakutkan. Bukan menilangnya yang mau kita kejar, tapi bagaimana masyarakat tertib. Tertib itu untuk kepentingan semua kita bersama,” imbuh Firman.

Dengan adanya Operasi Zebra, Polri berharap agar masyarakat bisa menjadi lebih tertib dalam berkendara.

"Petugas kita, polisi lalu lintas, ada untuk membantu masyarakat, bukan untuk menilang, tolong ya ini edukasinya,” terang Kakorlantas.

Baca Juga: Operasi Zebra Jaya 2022 Mulai 3 Oktober, Ini 14 Pelanggaran yang Dibidik Beserta Sanksi Dendanya

Pelanggaran yang Dibidik Operasi Zebra Jaya 2022

Sebelumnya diberitakan KOMPAS.TV, Polri akan melakukan Operasi Zebra di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat 14 pelanggaran yang menjadi sorotan, meliputi:

1. Melawan arus.
Pasal 287. Sanksi denda paling banyak Rp500 ribu.

2. Berkendara di bawah pengaruh alkohol.
Pasal 293 UU LLAJ. Sanksi denda paling banyak Rp750 ribu.

3. Menggunakan HP saat mengemudi.
Pasal 283 UU LLAJ. Sanksi denda paling banyak Rp750 ribu.

4. Tidak memakai helm SNI.
Pasal 291. Sanksi denda paling banyak Rp250 ribu.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.