Kompas TV regional peristiwa

Gempa Tapanuli Utara, BMKG: 1 Orang Meninggal, Terjadi Lebih dari 50 Gempa Susulan

Sabtu, 1 Oktober 2022 | 08:09 WIB
gempa-tapanuli-utara-bmkg-1-orang-meninggal-terjadi-lebih-dari-50-gempa-susulan
Peta lokasi gempa di Tapanuli Utara, Sumatra Utara, Sabtu (1/10/2022). (Sumber: ANTARA/HO-BMKG)

Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sedikitnya satu orang meninggal dunia setelah gempa bumi mengguncang Tapanuli Utara, Sumatera Utara pada Sabtu (1/10/2022).

Gempa pertama terjadi pada pukul 02.28 WIB dengan kekuatan 6 Magnitudo yang berpusat di 15 km barat laut Tapanuli Utara.

Gempa dengan kedalaman 10 km itu dirasakan dengan MMI IV di daerah Tarutung, IV di Singkil, V di Sipahutar, III di Tapaktuan, dan III di Gunung Sitoli.

Kepada Bidang Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono mengungkapkan, sejak gempa utama yang terjadi pada dini hari tadi, tercatat telah terjadi lebih dari 50 gempa susulan.

"BMKG terus memonitor gempa susulan dan kita sudah mencatat lebih dari 50 kali. Kekuatannya bervariasi, dengan magnitude terbesar 5,1, yang kecil itu 2,4," kata Daryono dalam program Sapa Indonesia Akhir Pekan KOMPAS TV, Sabtu (1/10/2022).

"Yang paling kuat itu gempa utamanya yang berkekuatan 5,8 itu. Kita sudah mendapat laporan, banyak rumah yang mengalami kerusakan, ada korban luka dan satu orang meninggal dunia," imbuhnya.


Baca Juga: BMKG Pastikan Belum Ada Korban Jiwa Gempa Bumi Aceh M 6,4 Pagi Ini

Daryono mengatakan gempa yang mengguncang Tapanuli Utara hari ini bersifat destruktif atau merusak.

"Gempa ini bersifat destruktif karena gempa ini jenis shallow crustal earthquake atau gempa kerak dangkal," kata Daryono.

BMKG mengimbau warga agar tidak menempati rumah yang mengalami kerusakan untuk menghindari korban jiwa.

Baca Juga: Tapanuli Utara Diguncang 4 Kali Gempa Hari ini, BMKG: Waspada Gempa Susulan


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Sapa Qatar

Karena Semua Pemain Brasil Sayang Tite

Kamis, 24 November 2022 | 02:05 WIB
Close Ads x