Kompas TV regional berita daerah

Pendaftaran Panwascam 6 Kecamatan Tak Penuhi Kuota Perempuan

Kompas.tv - 30 September 2022, 11:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Pendaftaran Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) dibuka mulai 21 hingga 27 September 2022. Syaratnya setiap kecamatan harus ada 30 persen perempuan yang menjadi komisioner.

Berarti minimal satu kecamatan ada satu keterwakilan perempuan. Namun dari 19 kecamatan yang ada di Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, enam kecamatan belum memenuhi kuota perempuan dalam penjaringan Panwascam, yakni Kecamatan Talun, Petungkriyono, Karangdadap, Doro, Lebakbarang dan Sragi.

Di hari terakhir pendaftaran anggota Panwascam sudah ada 190 lebih warga yang melakukan pendaftaran. Kecamatan terbanyak pendaftar untuk menjadi anggota Panwascam adalah Kajen.

"Kecamatan Talun, Petungkriyono, Karangdadap, Doro, Lebakbarang, Sragi sudah ada pendaftar, tetapi dari kuota perempuan masih kurang memenuhi. Karena sekarang harus ada perwakilan perempuan sebanyak 30 persen," ungkap Nur Anis Kurlia, Komisioner Bawaslu Kab. Pekalongan.

Menyikapi di hari terakhir enam kecamatan belum terisi kuota perempuan, maka Bawaslu akan melakukan perpanjangan masa pendaftaran.

#bawaslu #panwascam #pekalongan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x