Kompas TV nasional rumah pemilu

Cara AHY Jadi Oposisi Kebijakan Jokowi Dinilai Jitu Bangunkan Demokrat dari Tidur Panjang

Kompas.tv - 29 September 2022, 15:46 WIB
cara-ahy-jadi-oposisi-kebijakan-jokowi-dinilai-jitu-bangunkan-demokrat-dari-tidur-panjang
Pidato politik AHY di Rapimnas Demokrat beberapa waktu lalu. Analisis litbang kompas menyebutkan strategi AHY jadi opsisi SBY jitu (Sumber: Kompas/hendra a. setyawan)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Analisis Litbang Kompas yang diturunkan pada hari ini, Kamis (29/9/2022) menyebutkan, cara Ketum Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dinilai tepat untuk mengangkat performa partai Demokrat dari tidurnya yang panjang sebagai partai besar di Indonesia. 

Dalam analisis Litbang Kompas yang ditulis Bestian Nainggolan disebutkan, keberhasilan Partai Demokrat dengan menjadi oposisi lewat cara menegasikan kebijakan Pemerintah atau kinerja Presiden Jokowi ternyata mampu  meningkatkan pengaruh politik Demokrat pada para pemilih.

“Beberapa hasil survei opini publik, termasuk yang dilakukan Litbang Kompas, membuktikan hal ini, sejalan dengan adanya pergerakan positif terhadap elektabilitas Partai Demokrat,” begitu analisis dinukil dari kompas.id Kamis (29/9/2022).

Pada survei Litbang Kompas Juni 2022 lalu, misalnya, dalam era kepemimpinan AHY, Demokrat mampu meraih 11,6 persen dukungan pemilih. Pada tahun sebelumnya (April 2022) masih didukung sekitar 7 persen pemilih.

Akan tetapi, berdasarkan analis itu, keberhasilan mengkonsolidasikan kekuatan internal saja dirasakan masih belum cukup.

“Kali ini Agus Yudhoyono justru dihadapkan pada tantangan yang tidak ringan, bagaimana memosisikan Demokrat sebagai prediktor politik yang berpengaruh signifikan dalam persaingan politik Pemilu 2024,” paparnya.

Sebagai prediktor politik, berdasarkan analisis itu, tidak hanya tuntutan keberhasilan meningkatkan dukungan pemilih pada partai saja.

Sebagai informasi, dalam Rapimnas Demokrat, ada usulan untuk "memanggungkan sosok AHY, kader utama partai, dalam kontestasi Pilpres 2024.

Itulah mengapa, dalam analisis itu disebutkan, guna memuluskan jalan politik Demokrat dan dirinya, berbagai strategi jitu politik dalam berkomunikasi dengan massa pemilih maupun membangun kekuatan koalisi perlu dikemas.

Baca Juga: Di Balik Pidato AHY, Pengamat Sebut Ada Dukungan kepada Anies Secara Tersirat

Baca Juga: AHY: Infrastruktur Penting Tapi Jangan Sampai SDM-nya Ketinggalan

Cara Jitu Kritik Kebijakan Pemerintah



Sumber : Kompas TV/kompas.id


BERITA LAINNYA



Close Ads x