Kompas TV regional berita daerah

Sempat Langka 3000 Dosis Vaksin Meningitis akan dikirim ke Aceh

Kompas.tv - 29 September 2022, 15:03 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Vaksin Meningitis yang menjadi salah satu syarat keberangkatan jamaah umrah ke tanah suci sempat mengalami kelangkaan secara nasional. Kondisi tersebut membuat ribuan jamaah umrah terancam gagal berangkat untuk menunaikan ibadah umrah. Termasuk di Aceh, banyak jamaah melalui travel umrah menanyakan kelangkaan vaksin Meningitis tersebut.  

Baca Juga: Kasus DBD Makin Bertambah di Kota Banda Aceh

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas II Banda Aceh, Ziad Batubara menyebut, kelangkaan tersebut disebabkan menurunnya produksi karena penundaan ibadah haji selama dua tahun dan konsentrasi bio farma memproduksi vaksin Covid-19 selama pandemi berlangsung. Namun saat ini, bio farma menurutnya sudah mengkonfirmasi akan kembali mengirim vaksin tersebut ke Aceh sebanyak 3000 dosis dalam waktu dekat.

Sementara, untuk mencukupi kebutuhan jamaah umroh, KKP Aceh sebelumnya menerima relokasi vaksin Meningitis dari Dinas Kesehatan sebanyak 1.300 dosis lebih dan sudah habis digunakan untuk jamaah umrah, hanya dalam waktu satu pekan. Sedangkan 3000 dosis vaksin meningitis yang akan kembali dikirim ke Aceh tersebut diharapkan mengatasi kelangkaan dan keresahan jamaah umrah asal Aceh untuk kembali dapat menunaikan ibadah umrah ke tanah suci.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x