Kompas TV regional berita daerah

Waspada Hujan Lebat di Musim Pancaroba

Kompas.tv - 27 September 2022, 20:02 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Aceh memasuki peralihan musim dari kemarau ke musim penghujan yang diperkirakan terjadi pada Oktober nanti. Pada musim pancaroba ini, BMKG memprediksi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di propinsi Aceh terutama wilayah barat selatan Aceh. Bahkan wilayah Aceh bagian utara dan timur Aceh seperti Aceh Timur, Tamiang, Aceh Utara, dan Langsa sudah masuk musim penghujan.

Menurut koordinator informasi dan data, BMKG Stasiun Sultan Iskandar Muda Banda Aceh. Potensi hujan di masa transisi ini terjadi karena terdapat belokan angin, suhu permukaan laut menghangat yang mendukung peningkatan suplay uap air, dari samudera Hindia ke wilayah Indonesia bagian barat termasuk Aceh. Proses tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan awan konvektif penyebab terjadinya hujan.

Masyarakat diminta waspada, potensi hujan lebat atau durasi lama yang disertai dengan kilat atau petir, di musim pancaroba ini yang dapat menimbulkan bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, dan angin kencang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x