Kompas TV bisnis perbankan

Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Setor Tunai di ATM BCA, Begini Caranya

Selasa, 27 September 2022 | 05:36 WIB
nasabah-bank-dki-bisa-tarik-setor-tunai-di-atm-bca-begini-caranya
Bank BCA menjalin kerja sama dengan PT Bank DKI dalam rangka memanfaatkan jaringan ATM setor dan tarik tunai (Cash Recycling Machine/CRM). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Dalam waktu dekat, nasabah Bank DKI akan bisa melakukan setor tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA. Hal itu ditandai dengan penandatanganan kerja sama antara BCA dengan Bank DKI pada Senin (26/9/2022).

Direktur BCA Santoso mengatakan, nasabah Bank DKI nantinya bisa memanfaatkan jaringan ATM setor dan tarik tunai (Cash Recycling Machine/CRM) BCA.

"Dengan adanya kerja sama ini, nasabah Bank DKI dapat memanfaatkan 16.839 jaringan ATM BCA yang tersebar di seluruh wilayah nusantara untuk melakukan setoran dan penarikan dana tunai sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Santoso seperti dikutip dari Antara.

Ia menjelaskan,  kebutuhan untuk setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM masih terbilang tinggi karena tidak semua transaksi dilakukan secara digital.

Baca Juga: Bos BCA Jual 1 Juta Lembar Saham BBCA untuk Renovasi Rumah dan Investasi

Selain memberikan layanan kepada nasabah BCA, jaringan ATM BCA dapat juga dimanfaatkan oleh bank atau institusi keuangan lain sesuai dengan ketersediaan fitur, layanan, dan kebutuhan.

Santoso mengatakan, kolaborasi antara BCA dan Bank DKI menjadi salah satu perwujudan ekosistem layanan antar bank sesuai kebutuhan masing-masing pihak.

"Dengan saling melengkapi, baik BCA maupun Bank DKI menerima benefit dari efektivitas operasional sekaligus menawarkan opsi layanan terbaik kepada masing-masing nasabah," ujarnya.

Santoso mengungkapkan, BCA memiliki dua jenis ATM, yaitu ATM Tarik Tunai dan ATM Multi fungsi. Sesuai dengan jenisnya, layanan setor tunai tanpa kartu hanya dapat dilakukan pada ATM jenis multifungsi, sedangkan layanan tarik tunai tanpa kartu dapat dilakukan melalui ATM Tarik Tunai dan Multi fungsi.

Baca Juga: Bank Syariah Indonesia Siap Danai Industri Makanan Minuman Halal, Mulai dari Hulu hingga Hilir

Adapun ATM setor dan tarik tunai dapat menerima denominasi uang pecahan Rp100.000 dan Rp50.000 dengan jumlah setoran maksimal 100 lembar. Dengan layanan setor tunai, saldo nasabah otomatis akan langsung efektif.

Sementara itu, Direktur Teknologi & Operasional Bank DKI Amirul Wicaksono memaparkan, nasabah Bank DKI harus melakukan permintaan melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI agar bisa setor dan tarik tunai tanpa kartu di jaringan ATM BCA.

Dari permintaan tersebut, nasabah Bank DKI akan mendapat nomor identifikasi dan kode transaksi. Nasabah Bank DKI wajib memasukkan nomor identifikasi dan kode transaksi tersebut pada ATM BCA, sebelum akhirnya dapat menggunakan layanan setor dan tarik tunai tanpa kartu di CRM tersebut.

"Implementasi layanan digital mobile cash melalui aplikasi JakOne Mobile Bank DKI tersebut juga merupakan perwujudan dari transformasi digital yang saat ini sedang dilakukan oleh Bank DKI," ucapnya.

"Ini adalah langkah adaptif kami dalam memenuhi kebutuhan dan perubahan pola perilaku nasabah yang semakin bergerak ke arah digital," tambahnya.
 



Sumber : Antara

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x