Kompas TV regional berita daerah

Viral Kucing Tewas Diracun di Perumahan Kota Malang

Kompas.tv - 26 September 2022, 18:08 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV-Sebuah video yang menunjukkan beberapa kucing tewas yang diduga diracun viral di media sosial. Video tersebut viral setelah diunggah oleh akun pecinta kucing.

Dalam video yang beredar di media sosial Facebook dan Instagram, nampak beberapa kucing yang sekarat dan meraung. Nampak juga dalam video tersebut seseorang yang mencoba untuk menolong kucing, yang seolah menahan rasa sakit. 

Video viral inipun memancing beragam reaksi warganet yang sebagian besar mengutuk dan menyangkan tindakan orang yang tidak bertanggung jawab yang tega meracun kucing kucing tersebut. 

Dalam narasi yang beredar, kejadian kucing diracun ini terjadi di Perumahan Patraland, Kelurahan Tasikmadu, Kota Malang.

Wiratmono, Ketua RT 08 di Lingkungan Patraland menjelaskan, pihaknya merasa dirugikan dengan berita yang beredar di media sosial tersebut. Dalam keterangannya, pihak RT tidak pernah memberikan instruksi kepada warga untuk meracuni kucing yang berkeliaran di lingkungan perumahan.

Pihaknya mengaku hanya memberikan instruksi kepada warga yang memiliki atau sering memberi makan kucing, untuk menjaga kucing-kucing mereka agar tidak membuang kotoran sembarangan.

"Kami merasa disudutkan dengan adanya postingan tersebut, seolah kami memberi instruksi untuk meracuni padahal tidak. Sampai sekarang bisa dilihat masih banyak kucing berkeliaran di sini," Terang Ketua RT, Minggu (26/09/2022). 

Selain itu, pihak pengembang perumahan, RT dan pecinta kucing telah melakukan pertemuan terkait kejadian ini, dan didapati bahwa jumlah kucing yang mati tidak sampai puluhan seperti narasi yang beredar sebelumnya. 

Selain itu dirinya juga menjelaskan hingga saat ini masih banyak kucing yang berkeliaran di lingkungan perumahan. Pengurus RT juga masih mengumpulkan keterangan dari warga, untuk mencari pelaku yang diduga meracun kucing yang kerap berkeliaran di lingkungan perumahan.

"Hasil pertemuan perangkat RT dengan cat lover Malang termasuk warga, angka muncul yang mati 4 dengan dugaan diracun," Ucap Wiratmono.

Saat ini pengurus RT juga sudah bekerjasama dengan komunitas pecinta kucing untuk mengendalikan populasi kucing liar di wilayah perumahan.

#viralmalang #kucingdiracun



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x