Kompas TV regional berita daerah

Lapas Kelas 1 Semarang Panen Raya Padi dalam Pot

Kompas.tv - 23 September 2022, 15:29 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Meski berada di dalam bui, namun warga binaan Lapas Kelas I Semarang tidak hanya berpangku tangan menunggu habisnya masa tahanan. Selama ini mereka telah berkarya salah satunya menanam padi dalam pot.

Padi jenis M 70 D yang ditanam oleh warga binaan Lapas Kelas I Semarang  dengan sistem menggunakan pot ini tumbuh subur dan berbuah butiran padi lebat siap panen. Kepala Lapas Kelas I Semarang didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Semarang beserta jajaranya dan sejumlah warga binaan pun melakukan panen padi bersama.

Meski ditanam dalam pot, ternyata hasil panen padi jenis M 70 D sangat memuaskan. Butiran padi berbuah lebat dan berisi. Padi jenis M 70 D ini mempunyai masa tanam sampai panen hanya 70 hari, sehingga sangat cocok dikembangkan terutama dalam upaya pemanfaatan lahan sempit perkotaan untuk mendukung ketahanan pangan.

"Dengan lahan sedikit kita manfaatkan pembelajaran bagi warga binaan. Sehingga bisa buat bekal mereka pada saat keluar," ujar Tri Saptono Sambudji, Kepala Lapas Kelas I Semarang.

"Di tanam di polybag, dobel polybag kemudian masih kita tambahi aplikasi ada peralon, untuk mengukur kadar air yang ada di dalamnya. Jenis yang kita tanam jenis padi M 70 D, padi ini bisa dipanen pada umur 70 hari," kata Hernowo Budi Luhur, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Semarang.

Melalui program pembinaan, pihak lapas berupaya menyiapkan warga binaan pemasyarakatan dengan keterampilan dan keahlian tambahan, sehingga dapat digunakan sebagai bekal apabila mereka kembali kepada masyarakat nantinya. Selain menanam padi, berkebun dan budidaya lele, warga binaan juga diberi bekal ketrampilan industri lainnya.

#lapaskelas1 #semarang #padi



 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x