Kompas TV regional berita daerah

Sukses, Kelompok Wanita Tani Garap Pekarangan Pangan Lestari

Kompas.tv - 22 September 2022, 18:38 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Inilah lahan pekarangan yang di sulap menjadi kebun sayur produktif oleh kelompok wanita tani, Banna Tani di gampong Kota Baru, Banda Aceh. Dilahan seluas 20 meter persegi ini, ditanami berbagai jenis sayuran seperti sawi jenis pakcoy, sawi samhong, bayam, kangkung, terong, cabe, tomat dan beberapa jenis sayuran lain. Media tanam menggunakan sistem hidroponik dan media tanah.

Baca Juga: Meraup Untung dari Bertani Tembakau

Linda, ketua kelompok wanita tani, Banna Tani menyebut usaha ibu-ibu gampong Kota Baru ini mulai di bangun tahun 2020. Didampingi oleh para penyuluh, usaha mereka ini dimulai dari pembersihan lahan, pembibitan hingga penanaman. Selama dua tahun sudah beberapa kali panen. Hasil panen di jual ke warga dan dipasok ke beberapa pasar di Banda Aceh.

Sementara itu, pemerintah melalui program pekarangan pangan lestari, membantu kelompok wanita tani untuk memanfaatkan pekarangan rumah menjadi lahan produktif. Mulai dari bibit, rumah pembibitan hingga peralatan. 

Usaha kebun produktif pekarangan pangan lestari ini dapat meningkatkan perekonomian warga. Diharapkan berkembang dan lebih banyak lagi kelompok wanita tani yang mampu memanfaatkan pekarangan rumah mereka menjadi lahan produktif.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x