Kompas TV nasional peristiwa

Umumkan Kasus Lukas Enembe, Mahfud MD: Saya Menko Polhukam, Harus Menjelaskan Hal yang Kontroversial

Kompas.tv - 21 September 2022, 07:08 WIB
umumkan-kasus-lukas-enembe-mahfud-md-saya-menko-polhukam-harus-menjelaskan-hal-yang-kontroversial
Menkopolhukam Mahfud MD sebut dugaan korupsi yang melibatkan Gubernur Papua Lukas Enembe bukan hanya gratifikasi Rp1 M tapi ada kasus lain senilai ratusan miliar rupiah. (Sumber: Tangkapan Layar YouTube Kemenkopolhukam /Dina Karina )
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan alasan dirinya mengumumkan kasus dugaan korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe dalam konferensi pers, Senin (19/9/2022) kemarin.

Ia mengatakan hal tersebut merupakan kapasitasnya sebagai Menko Polhukam. Selain itu ia juga menjelaskan bahwa dirinya juga pernah memberikan pengumuman dari berbagai kasus hukum yang terjadi dalam konferensi pers seperti Asabri, Jiwasraya, hingga satelit Kementerian Pertahanan.

Baca Juga: Dugaan Kasus Korupsi Jerat Gubernur Papua Lukas Enembe, Menko Polhukam Mahfud MD Turun Tangan

"Ada yang bertanya, mengapa yang mengumumkan Menko Polhukam. Memangnya mengapa? Saya kan sudah sangat sering mengumumkan kasus korupsi yang ditangani aparat penegak hukum (APH)? Misalnya kasus Asabri, Jiwasraya, Satelit Kemhan, dll. Saya adalah Menko Polhukam yang harus menjelaskan hal-hal yang kontroversial,"  tulisnya melalui Twitter @mohmahfudmd, Selasa (20/9/2022).

Mahfud melanjutkan dirinya merasa harus melakukan penjelasan terhadap rakyat terkait berbagai dugaan aliran uang yang dilakukan terduga koruptor karena menjabat Ketua Komisi Nasional Tindak Pidana Pencucian uang dan Pendanaan Terorisme (TPPU-PT).

Baca Juga: Respon Mahfud MD Terkait Penetapan Tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe: Tak Ada Rekayasa Politik

"Selain itu, saya juga adalah Ketua Komisi Nasional Tindak Pidana Pencucian Uang dan Pendanaan Terrorisme (Komnas TPPU-PT). Jadi saya harus menjelaskan kepada rakyat. Hak rakyat tak boleh dirampas dengan korupsi sehingga banyak rakyat yang miskin. Sebagai Menko Polhukam dan Ketua Komnas TPPU-PT saya harus bersuara," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya Mahfud mengatakan pihaknya mendapatkan temuan lain terkait dugaan gratifikasi Rp1 miliar Gubernur Papua Lukas Enembe. Mahfud mengungkap Gubernur Papua tersebut memiliki manajer pencucian uang.

 Baca Juga: Mahfud MD Sebut Dugaan Korupsi Lukas Enembe Capai Ratusan Miliar Rupiah, Rp71 Miliar Sudah Diblokir!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x