Kompas TV regional berita daerah

Stok Darah PMI Jateng Lampaui Target

Kompas.tv - 20 September 2022, 15:17 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Saat pandemi Covid-19 lalu ketersediaan darah di berbagai daerah termasuk Jawa Tengah mengalami defisit. Semakin membaiknya kasus Covid-19 di Jawa Tengah, stok darah di PMI Jawa Tengah terus meningkat. 

Ketua PMI Jateng, Sarwa Pramana mengatakan, saat ini PMI sudah bisa mensupport darah di sejumlah rumah sakit di Jawa Tengah hingga sekitar 98 persen. Sebab, setelah pandemi mulai mereda, produksi darah di sejumlah daerah di Jawa Tengah sudah mulai normal dan meningkat.

Bahkan menurutnya PMI kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah mengirimkan darah tersebut ke PMI Jateng karena over produksi. Dalam sehari rata-rata ketersediaan darah di Jawa Tengah sudah melampaui target, yakni mencapai 2 ribu hingga 2.500 kantong.

"Hingga hari ini kesediaan darah hampir 98 persen, seluruh rumah sakit besar disupport. Karena pasca covid kemarin semuanya sudah meningkat. Kadang-kadang kabupaten/kota sekarang banyak mengirim ke PMI provinsi, karena over, sehingga PMI yang distribusi ke rumah sakit. Sehingga untuk kebutuhan sudah melampaui target," ungkap Sarwa Pramana.

Kebanyakan produksi darah yang berlimpah tersebut terdapat di sejumlah kabupaten/kota besar yang ada di Jawa Tengah seperti Solo, Semarang, Banyumas, Purwokerto, hingga Cilacap.

#pmi #jawatengah #semarang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x