Kompas TV regional gaya hidup

Bagaimana Cara Menentukan Tujuan Hidup?

Selasa, 20 September 2022 | 10:51 WIB
bagaimana-cara-menentukan-tujuan-hidup
Cara Menentukan Prioritas (Sumber: Freepik / iharzaiko)

Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbicara tentang kehidupan seakan tak pernah ada habisnya. Pernahkah berpikir bagaimana kita akan menjalani hidup? Bagaimana kita membangun karier yang selama ini diimpikan? Dan pertanyaan lainnya yang terkadang menghantui setiap hari.

Bagaimana kita menjalani hidup kemungkinan besar ditentukan oleh bagaimana kita menyusun prioritas hidup. Penting untuk mengetahui apa yang paling berharga dalam hidup, agar kita bisa menjalaninya sesuai target yang ingin dicapai.

Dalam hidup manusia harus bisa menentukan prioritasnya. Irfan Agia, seorang content creator membagikan pengalaman dan kiat menentukan prioritas hidup dan karier dalam siniar Obsesif episode “Evaluasi Pilihan dan Menetapkan Prioritas”.

“Dalam hidup kita selalu dihadapi dengan pilihan. Mulai dari mau makan apa, pakai baju apa, hingga pilihan penting seperti memilih jurusan kuliah dan memilih pasangan,” ujar Irfan.

Dirinya mengatakan jika hidup merupakan akumulasi dari pilihan-pilihan yang diambil sepanjang kita hidup. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi pilihan yang diambil karena akan berpengaruh pada arah hidup.

Hidup akan lebih bermakna ketika kita memiliki tujuan. Namun, seringkali kita merasa tujuan hidup terlalu sempit atau terlalu luas. Wajar saja, karena setiap orang datang dari latar belakang sosial, ekonomi, dan aspirasi yang berbeda.

“Kadang ngerasa tujuan hidup terlalu muluk-muluk. Padahal gak boleh membandingkan tujuan hidup dengan orang lain. Standarnya beda, dan sifatnya personal,” ungkapnya.

Baca Juga: Ibadah Sebagai Puncak Tujuan Hidup Manusia di Dunia

Menentukan Tujuan Hidup

Sebelum menentukan tujuan hidup, agar kita tidak tertekan untuk membuat tujuan yang terlalu tinggi atau tidak realistis, ada baiknya kita memahami life purpose. Berikut adalah cara untuk mengetahui hal penting dalam hidup

1.    Self awareness, apa yang membuat kita bahagia?

Hal ini akan membantu kita menemukan aktivitas atau faktor yang pantas untuk diperjuangkan dalam hidup. Dengan menemukan jawaban ini, kita juga bisa membangun hubungan baik dengan orang lain.

2.    Mau diingat sebagai apa?

Dengan memikirkan hal ini, kita bisa menyadari bahwa waktu hidup kita terbatas. Secara tidak langsung memaksa kita berpikir hal baik apa saja yang bisa kita lakukan.

3.    Potensi apa yang bisa digali?

Saat menentukan karier, pertanyaan ini penting untuk dijawab. Pertimbangkan potensi apa yang bisa digali? Hal ini akan membantu kita menemukan nilai diri yang membedakan dengan orang lain.

Curiosity. Hal ini menjadi dorongan untuk terus belajar dan eksplor lebih dalam tentang topik tertentu, ini lebih baik dibanding mencari passion. Passion jadi melimitasi potensi kita terhadap satu atau dua hal,” ujar Irfan.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x